Truk Dijarah, iPhone X Senilai Miliaran Rupiah Raib

Kompas.com - 06/11/2017, 10:46 WIB
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Bukan hanya hati konsumen gadget yang kepincut iPhone X besutan Apple, tapi juga para panjahat. Maklumlah, ponsel mewah ini banderolnya mencapai belasan juta rupiah per unit.

Ketertarikan para kriminal terhadap iPhone X sudah dimulai sebelum perangkat tersebut mulai dijual di pasaran. Pekan lalu, sebuah truk UPS pengangkut iPhone X yang sedang parkir di luar toko Apple Store di San Francisco, Amerika Serikat, mendadak disatroni tiga orang perampok.

Kawanan garong yang dilaporkan "berbadan besar" itu mendatangi truk kurir saat sopirnya sedang keluar untuk mengantar barang ke tempat lain. Kunci truk dibobol, kemudian para perampok menggondol lebih dari 300 unit iPhone X yang terdapat di dalamnya.

Kejadian ini berlangsung pada Rabu (1/11/2017) sekitar pukul 11.15 pagi waktu setempat, dua hari sebelum iPhone X melakukan debut di pasaran pada Jumat 3 November.

iPhone XApple iPhone X

Aksi pencurian hanya berlangsung sekitar 15 menit, tapi kerugian yang ditimbulkan setidaknya berjumlah 300.000 dollar AS atau lebih dari Rp 4 miliar, karena tiap unit iPhone dibanderol paling murah 999 dollar AS.

Usai beraksi, para penjahat kabur dengan sebuah mobil van berwarna putih. Ketiganya kini masih dicari oleh kepolisian setempat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (6/11/2017).

"Mengingat nilai barang curian tersebut, kemungkinan perampokan ini memang sudah direncanakan sebelumnya," ujar Rick Yick, juru bicara Kepolisian San Francisco.

Polisi berusaha melacak pergerakan iPhone X yang dibawa kabur para maling melalui nomer IMEI yang tertera di masing-masing ponsel. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah ratusan unit iPhone mahal tersebut dijual kembali ke pihak ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.