Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, WhatsApp Tiruan Banyak Beredar di Google Play Store

Kompas.com - 06/11/2017, 22:21 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com- Jutaan pengguna Android tertipu oleh beredarnya WhatsApp palsu.

Pasalnya, aplikasi tiruan ini tersedia di Play Store dengan tampilan yang sangat mirip dengan aslinya. Sangat sulit membedakannya jika pengguna tidak cukup jeli.

Pada aplikasi asli, terdapat tanda centang di bagian bawah nama pengembang. Hal ini menandakan bahwa aplikasi tersebut telah terverifikasi.

Berbeda dengan aslinya, WhatsApp palsu sama sekali tidak menyediakan fitur chat. Seperti dikutip Kompas Tekno melalui The Register, WhatsApp tiruan lebih banyak menyediakan tampilan iklan yang bahkan tidak ingin dilihat oleh pengguna.

Aplikasi whatsapp palsu telah diunduh lebih dari satu juta pengguna meski kemudian langsung dihapus oleh Google. Namun tetap saja hal ini merugikan pengguna karena membuang kuota mereka untuk melakukan hal tak perlu.

Baca juga : Pemerintah Ancam Blokir WhatsApp jika 2x24 Jam Masih Ada Konten Pornografi

Ditambah lagi, jumlah pengunduh telah mendatangkan pengiklan yang tentunya menguntungkan pembuat aplikasi tiruan tersebut.

Saat ini, aplikasi aspal tersebut telah dihapus Google. Namun beredarnya aplikasi ini tetap mengindikasikan kegagalan sistem Google untuk memilah aplikasi tiruan. Tentu saja ini menuntut Google untuk meningkatkan sistem keamanannya.

Hingga saat ini, Google mengatakan pihaknya sedang menyelidiki masalah ini agar kejadian tersebut tidak terulang.
 
Sebelumnya, Google cukup yakin dengan kecerdasan buatan yang digunakan pada sistem pelacak aplikasi tiruan. Namun kasus ini membuat Google kembali berpikir untuk tidak terlalu tergantung dengan mesin.

Baca juga : Sudah Bisa di Indonesia, Begini Cara Hapus Pesan Salah Kamar di WhatsApp

Dari pengecekan Kompas.com, masih ada beberapa aplikasi serupa yang berusaha meniru WhatsApp dan belum dihapus oleh Google. Umumnya, para pengguna berharap ia mengunduh WhatsApp asli pada umumnya, namun di luar harapan mereka salah memilih.

Misalnya, *WhatsApp 2017* yang telah diunduh 500.000 kali, WhatsUp Chat Messenger yang diunduh 1 juta, Latest Whatsap Status 2017 yang diunduh 1 juta, dan masih banyak lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com