Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel dan Seteru Abadinya Kerja Bareng Bikin Chip

Kompas.com - 07/11/2017, 19:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - Intel dan AMD ibarat dua seteru abadi yang sudah bersaing di industri prosesor sejak puluhan tahun lalu. Tapi awal pekan ini keduanya membuat kaget dengan mengumumkan kerja sama untuk membuat chip.

Chip dimaksud adalah seri Core generasi ke-8 yang menggabungkan inti CPU bikinan Intel dengan pengolah grafis (GPU) Radeon buatan AMD.

Tujuannya adalah menghasilkan prosesor laptop dengan kemampuan olah grafis mumpuni untuk main game, tapi tetap mempertahankan ukuran fisik yang ringkas. Unit GPU tak perlu dipasang terpisah (discreet), melainkan tertanam langsung di dalam prosesor utama.

“Lewat kerja sama ini… kami menawarkan PC (laptop) yang tipis dan ringan serta mampu menghasilkan performa grafis setara GPU discreet,” ujar Vice President and General Manager AMD Scott Herkelman.

Baca juga : Intel Resmikan Prosesor Desktop Core Generasi ke-8

Selain digunakan di kartu grafis komputer deskop dan laptop, GPU Radeon bikinan AMD juga tertanam di perangkat-perangkat konsol game modern seperti PlayStation 4 dan Xbox One X, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC Gamer, Selasa (7/11/2017).

Di dalam chip Core generasi ke-8 itu, inti CPU Intel terhubung dengan GPU Radeon AMD melalui teknologi embedded multi-die interconnect bridge (EMIB) berkecepatan tinggi. AMD juga memboyong teknologi high-bandwidth memory (HBM) 2 untuk Radeon.

Chip gabungan Intel dan AMD ini dijadwalkan akan meluncur pada 2018 mendatang dan bakal membuat laptop tipis macam ultrabook dan 2-in-1 (convertible) cukup bertenaga untuk dipakai bermain game.

Baca juga : AMD Mengaku Untung Berkat Demam Bitcoin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com