Kompas.com - 07/11/2017, 19:28 WIB
Ilustrasi kemasan prosesor Intel Core generasi ke-8 yang dilengkapi GPU Radeon bikinan AMD. IntelIlustrasi kemasan prosesor Intel Core generasi ke-8 yang dilengkapi GPU Radeon bikinan AMD.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Intel dan AMD ibarat dua seteru abadi yang sudah bersaing di industri prosesor sejak puluhan tahun lalu. Tapi awal pekan ini keduanya membuat kaget dengan mengumumkan kerja sama untuk membuat chip.

Chip dimaksud adalah seri Core generasi ke-8 yang menggabungkan inti CPU bikinan Intel dengan pengolah grafis (GPU) Radeon buatan AMD.

Tujuannya adalah menghasilkan prosesor laptop dengan kemampuan olah grafis mumpuni untuk main game, tapi tetap mempertahankan ukuran fisik yang ringkas. Unit GPU tak perlu dipasang terpisah (discreet), melainkan tertanam langsung di dalam prosesor utama.

“Lewat kerja sama ini… kami menawarkan PC (laptop) yang tipis dan ringan serta mampu menghasilkan performa grafis setara GPU discreet,” ujar Vice President and General Manager AMD Scott Herkelman.

Baca juga : Intel Resmikan Prosesor Desktop Core Generasi ke-8

Selain digunakan di kartu grafis komputer deskop dan laptop, GPU Radeon bikinan AMD juga tertanam di perangkat-perangkat konsol game modern seperti PlayStation 4 dan Xbox One X, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC Gamer, Selasa (7/11/2017).

Di dalam chip Core generasi ke-8 itu, inti CPU Intel terhubung dengan GPU Radeon AMD melalui teknologi embedded multi-die interconnect bridge (EMIB) berkecepatan tinggi. AMD juga memboyong teknologi high-bandwidth memory (HBM) 2 untuk Radeon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chip gabungan Intel dan AMD ini dijadwalkan akan meluncur pada 2018 mendatang dan bakal membuat laptop tipis macam ultrabook dan 2-in-1 (convertible) cukup bertenaga untuk dipakai bermain game.

Baca juga : AMD Mengaku Untung Berkat Demam Bitcoin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PC World
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.