Apple Dituduh Mencuri Teknologi Kamera Ganda

Kompas.com - 08/11/2017, 16:10 WIB
Kamera ganda iPhone X disusun vertikal, berbeda dari desain iPhone selama ini AppleKamera ganda iPhone X disusun vertikal, berbeda dari desain iPhone selama ini
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple kembali didera gugatan hukum. Kali ini giliran sebuah perusahaan startup asal Israel, Corephotonics, yang menuding bahwa Apple telah menggunakan teknologi kamera gandanya tanpa izin.

Apple pertama kali menerapkan teknologi kamera ganda di iPhone 7 Plus yang dirilis tahun lalu. Fitur tersebut lantas diteruskan ke iPhone 8 Plus dan iPhone X yang muncul tahun ini.

Corephotonics mengklaim pihaknya sempat menawarkan kerja sama dengan Apple untuk membuat smartphone berkamera ganda, namun ditolak.

Masih menurut pihak penuntut, Apple kemudian mengimplementasikan fitur dual camera dimaksud secara sepihak tanpa lisensi atau izin dari Corephotonics.

Baca juga : Video: Kesan Pertama Menjajal iPhone X

Dokumen pengadilan yang diajukan Corephotonics bahkan menuliskan bahwa Apple sempat sesumbar bisa melanggar paten pihak lain semaunya tanpa konsekuensi berarti.

“Kepala negosiator Apple… mengatakan bahwa kalaupun Apple melanggar, butuh waktu bertahun-tahun dan biaya berjuta-juta dollar di pengadilan sebelum Apple bisa dipaksa membayar (ganti rugi),” sebut dokumen Corephotonics.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (8/11/2017), Apple sebenarnya memiliki paten kamera ganda sendiri.

Apabila ingin menang di pengadillan, Corephotonics harus bisa membuktikan bahwa Apple tidak mengembangkan teknologi kamera ganda secara independen.

Teknologi dual camera telah lama digunakan di ponsel sebelum iPhone 7 Plus muncul, setidaknya sejak 2011 dengan kemunculan HTC Evo 3D, tapi implementasinya memang berbeda-beda antar pabrikan.

Ada pabrikan yang mengombinasikan kamera ultra wide dengan kamera standar (LG), kamera berwarna dengan monokrom (Huawei), serta kamera standar dengan kamera telephoto (Apple, Samsung, dan Xiaomi).

Corephotonics pun sudah lama mengembangkan teknologi kamera ganda. Startup ini antara lain telah berhasil mengumpulkan dana dari Samsung Ventures, Foxconn, dan MediaTek.

Baca juga : iPhone X adalah iPhone Paling Ringkih

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ENGADGET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X