Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mozilla Luncurkan Browser Firefox Khusus Indonesia

Kompas.com - 08/11/2017, 17:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Di Indonesia, perangkat mobile menjadi alat utama untuk mengakses internet dengan proporsi hampir 70 persen, dibanding komputer desktop dan laptop yang hanya 28 persen, menurut laporan We Are Social Report, Januari lalu.

Meski demikian, riset internal yang dilakukan oleh Mozilla menemukan bahwa 40 persen pengguna internet muda di Indonesia tak puas dengan kinerja browser mobile default karena dinilai lamban.

Oleh sebab itulah, Mozilla merilis peramban Android baru bernama Firefox Rocket yang didesain khusus untuk pengguna di Indonesia. Firefox Rocket diklaim mampu menelusuri laman-laman web dengan cepat meski koneksi internet lelet, dengan bantuan fitur-fitur khusus.

“Pengguna bisa melakukan browsing lebih cepat dengan Turbo Mode (di Firefox Rocket) yang memblokir iklan untuk menyimpan data,” sebut Mozilla dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (8/11/2017).

Baca juga : Mozilla Nyatakan Putus Hubungan dengan Google

“Jika Anda ingin lebih hemat lagi, Anda dapat dengan mudah memblok loading gambar (Block Images) dan menggunakan fitur Screenshot untuk mengakses konten secara offline,” imbuh Mozilla.

Firefox Rocket turut menyediakan tool lain berupa Storage Control untuk menyimpan file unduhan ke kartu memori microSD, serta Clear Cache untuk membersihkan ruang penyimpanan ponsel dari sisa file sementara saat browsing.

Ukuran file instalasi (APK) Firefox Rocket sendiri diklaim terkecil di antara peramban-peramban lain, dengan angka 2,39 MB.  Firefox Rocket kini telah tersedia di toko aplikasi Android Google Playstore, khusus untuk wilayah Indonesia saja.

Bersama dengan Firefox Rocket, Mozilla turut mengumumkan tanggal rilis 14 November untuk browser Firefox Quantum yang dibekali teknologi WebAssembly dan WebVR untuk menjalankan konten Virtual Reality.

Baca juga : Diperbarui, Firefox Diklaim Lebih Kencang dari Google Chrome

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com