Bos Grafis AMD Mundur, Bergabung dengan Intel

Kompas.com - 09/11/2017, 11:23 WIB
Senior VP dn Chief Architect Radeon Technologies Group AMD, Raja Koduri, memperkenalkan Radeon RX 480 dalam acara di Taipei, Taiwan, Rabu (1/6/2016) AMDSenior VP dn Chief Architect Radeon Technologies Group AMD, Raja Koduri, memperkenalkan Radeon RX 480 dalam acara di Taipei, Taiwan, Rabu (1/6/2016)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pekan ini, CEO Radeon Technology Group (RTG) AMD, Raja Koduri, membuat langkah mengejutkan dengan mengundurkan diri dari jabatan yang diembannya selama dua tahun terakhir.

Lebih mengejutkan lagi, hanya sehari setelah pengunduran diri Koduri, pada Rabu (8/11/2017) kemarin, Intel yang merupakan rival berat AMD di industri CPU komputer mengumumkan telah menggaet Koduri untuk memimpin pengembangan teknologi grafis.

"Intel mengumumkan penunjukan Raja Koduri sebagai Chief Architect Intel, wakil presiden grup Core and Visual Computing yang baru dibentuk dan General Manager sebuah inisiatif baru untuk mendorong solusi edge computing," terang Intel dalam sebuah pernyataan resmi.

Tak dijelaskan lebih spesifik, apakah Koduri akan turut memimpin pengembangan chip olah grafis (GPU) baru untuk komputer desktop dan laptop di Intel.

Yang jelas, pekan ini pula Intel telah menunjukkan keseriusannya di pasaran grafis dan gaming dengan menanam GPU Radeon bikinan AMD di chip Core generasi ke-8. Ironisnya, Koduri selaku bos Radeon justru hengkang ke Intel setelah kerja sama tersebut diteken.

Baca juga : Intel dan Seteru Abadinya Kerja Bareng Bikin Chip

Intel disinyalir ingin bersaing langsung dengan Radeon (AMD) dan Nvidia (GeForce) di pasaran grafis (GPU) dengan meminang Koduri yang notabene telah malang melintang selama 25 tahun di industri grafis komputer.

Proyek terbaru Koduri adalah chip grafis high-end Radeon Vega besutan AMD, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Kamis (9/11/2017). Koduri dijadwalkan mulai aktif bekerja di Intel pada Desember 2017 mendatang.

Koduri sendiri mengatakan senang akan segera bergabung dengan rival berat AMD itu. "Saya selalu mengagumi Intel sebagai pemimpin teknologi dan telah banyak bekerja sama dengan perusahaan itu selama bertahun-tahun," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber PC World
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X