Daripada DSLR, Lebih "Aman" Rekam Video dengan Smartphone

Kompas.com - 09/11/2017, 20:12 WIB
Samsung Galaxy J7 Plus Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comSamsung Galaxy J7 Plus
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Vlogger teknologi Putu Reza mengaku lebih suka merekam videonya menggunakan smartphone ketimbang kamera DSLR yang berukuran besar. Alasannya, smartphone membuat rekaman video lebih "aman".

Reza menjelaskan, keamanan yang dia maksud terkait gangguan yang mungkin dihadapi oleh seorang vlogger yang membuat vlog di ruang publik.

Bentuknya gangguan itu macam-macam, mulai dari satpam hingga soal rasa nyaman subyek yang direkam secara spontan (candid).

"Saya pernah beberapa kali bawa kamera DSLR itu pasti didatangi satpam dan bertanya, 'mas udah ada izinnya belum?'" terangnya saat bincang dengan KompasTekno, di acara Media Workshop Samsung Galaxy J7 Plus, di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Sementara itu saat mengambil rekaman video menggunakan smartphone bakal lebih mulus karena tidak perlu menghadapi gangguan dari satpam. Ukuran smartphone yang lebih kecil pun membuatnya jadi lebih praktis dibawa.

"Kalau merekam video pakai smartphone, lebih aman dari satpam-satpam. Mereka (satpam) tidak peduli. Pemakaiannya praktis, lalu lebih mudah untuk mencuri momen," imbuhnya.

Beda smartphone, beda kualitas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski sama-sama praktis, tak semua ponsel memiliki kualitas rekaman video yang sama. Reza mencontohkan tiga smartphone kamera ganda yang sempat dijajalnya beberapa waktu lalu.

Salah satunya adalah ponsel brand legendaris asal Negeri Paman Sam, lainnya merk terkenal dari China, sementara yang ketiga adalah Galaxy J7 Plus.

Menurut dia, kualitas rekaman video ketiga smartphone tidak sebanding. Ada yang kamera depannya kurang mumpuni, ada juga yang audionya terdengar "kusut". "Saya sempat bikin video perbandingannya, silakan lihat di kanal YouTube saya," kata Reza.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.