YouTube Dukung Rasio Video Unik iPhone X

Kompas.com - 10/11/2017, 06:41 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Kabar baik bagi pengguna iPhone X yang mengidamkan menonton video atau streaming YouTube di layar bezel less iPhone X. Sebab, YouTube memberikan update atau pembaharuan untuk iOS.

Seperti diketahui, iPhone X yang memiliki layar dengan aspek rasio unik, 19,5:9. Rasio ini berbeda dari rasio video pada umumnya yang mayoritas ukurannya 16:9. Konten video dengan rasio 16:9 pas jika ditampilkan di layar 5 inci, namun jika ditampilkan di layar iPhone X yang 5,8 inci, bakal memiliki letterboxing atau garis hitam di layar.

Dengan update yang diberikan ini, pengguna iPhone X kini bisa menikmati video 16:9 YouTube dengan tampilan layar penuh (full screen), tanpa garis hitam di layar 5,8 inci.

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (10/11/2017), saat ini update video rasio 19,5:9 di YouTube telah tersedia di App Store. Versi pembaruan untuk iOS ini sudah bisa diunduh dengan versi 12.43.

Baca: Diperbarui, YouTube untuk iPhone Bisa Live Streaming Aplikasi dan Game

Sebenarnya, tidak sepenuhnya pengguna bisa menikmati video full screen. Seperti yang diketahui, di bagian atas layar iPhone X terdapat takik yang menjorok ke dalam untuk menempatkan kamera depan dan sensor pengenal wajah.

Sehingga jika melihat video dengan posisi lanskap (mendatar), bagian samping akan sedikit terpotong. Selain terganggu dengan keberadaan takik, ujung-ujung layar iPhone X yang membulat di keempat sudut juga sedikit mengurangi penampilan layar penuh.

Jika ingin memperbesar rasio layar, YouTube menawarkan fitur 'pinch to zoom'. Fitur ini berfungsi untuk memperbesar sisi tertentu pada video. Caranya cukup dengan mencubit ke arah luar, seperti melakukan zooming pada umumnya. Fitur ini juga tersedia di Samsung Galaxy Note 8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.