Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2017, 09:02 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — iPhone 7 buatan Apple menjadi smartphone paling laris sepanjang kuartal III-2017 dengan pengapalan 13 juta unit. Setidaknya begitu menurut laporan teranyar firma penelitian Canalys.

“Penjualan iPhone 7 menguat setelah harganya diturunkan pada September lalu. Lini lawas lain seperti iPhone SE dan iPhone 6S juga memperlihatkan peningkatan penjualan,” kata tim Canalys.

iPhone 6S tercatat sebagai smartphone terlaris kedua sepanjang kuartal III-2017. Penjualannya mencapai 7,9 juta unit dalam tiga bulan terakhir.

Selanjutnya, posisi ketiga hingga kelima masing-masing diduduki Samsung Galaxy J2 Prime, Oppo A57, dan Oppo R11 sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (10/11/2017), dari situs resmi Canalys.

Baca: iPhone X Meluncur, iPhone 6S, iPhone 7, dan iPhone SE Turun Harga

Galaxy J2 Prime berhasil mencatat pengapalan hingga 7,8 juta unit, lebih kurang sama dengan Oppo 57. Sementara Oppo R11 terjual 7,2 juta unit selama periode Juli sampai September 2017.

Laporan per kuartal firma Canalys.Canalys Laporan per kuartal firma Canalys.

5 vendor teratas

Selain mengumbar lima jenis smartphone terlaris, Canalys juga melaporkan lima vendor smartphone dengan pengiriman (shipment) tertinggi sepanjang kuartal III-2017.

Di posisi pertama, Samsung masih mengukuhkan diri. Pabrikan Korea Selatan itu berhasil mengirim 82,8 juta smartphone dan meraup pangsa pasar 22 persen. Pertumbuhannya dari tahun ke tahun 8,2 persen.

Peringkat kedua dipegang Apple dengan pengapalan 46,7 juta smartphone. Pangsa pasarnya 12,4 persen dan pertumbuhannya 2,6 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Huawei, Oppo, dan Xiaomi masing-masing menempati posisi ketiga, keempat, dan kelima. Pengirimannya secara berurutan adalah 39,1 juta unit, 30 juta unit, dan 28 juta unit.

“Samsung memiliki kuartal yang positif. Diskon Galaxy S8 di beberapa negara membantu meningkatkan penjualannya di kuartal ketiga. Flagship itu terjual 10,3 juta unit selama tiga bulan,” kata tim Canalys.

Baca juga: Dijual Mahal, Samsung Galaxy Note 8 Lebih Laku dari Galaxy S8

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Canalys
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.