Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Headset AR Apple Tak Butuh Smartphone, Meluncur 2020?

Kompas.com - 10/11/2017, 10:42 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Apple tampaknya tengah mengerjakan sebuah headset Augmented Reality (AR). Hal ini menandakan bahwa Apple akan benar benar serius dalam mengembangkan teknologi AR di jajaran perangkat mereka.

Dari info yang beredar, headset ini rencananya akan siap untuk uji coba pada 2019. Tahun 2020, Apple siap menghadirkan headset ini di pasaran. Headset AR ini oleh internal Apple dikabarkan memiliki nama sandi T288.

Sama seperti Apple Watch, headset AR Apple merupakan buah dari inovasi yang dilakukan oleh para insinyur Apple. Dikutip KompasTekno Melalui Apple Insider, Jumat (10/11/2017), headset AR tersebut akan dibuat berbeda dengan headset lainnya yang beredar di pasaran.

Ia tidak memerlukan perangkat lain seperti smartphone untuk membuatnya bekerja. Sebagai produk yang independen, perangkat tersebut juga akan memiliki layar sendiri. Konsep ini berbeda dengan yang dikembangkan Google dengan Project Tango-nya.

Google menggandeng sejumlah pabrikan smartphone untuk membuat smartphone yang bisa dipasang di headset AR-nya.

Headset baru Apple juga rencananya akan dilengkapi dengan mikroprosesor dan sistem operasi sendiri yang akan dinamai rOS. Sistem ini disinyalir sebagai versi lain dari iOS, layaknya watchOS untuk smartwatch dan tvOS untuk smart TV-nya.

Sebelumnya, CEO Apple, Tim Cook menyebutkan bahwa Apple memang memiliki ketertarikan dalam mengembangkan AR, alih-alih virtual reality (VR).

Cook berdapat bahwa AR dapat lebih membantu kehidupan manusia dibanding VR yang hanya akan membuat mereka menjadi mahluk anti-sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com