Headset AR Apple Tak Butuh Smartphone, Meluncur 2020?

Kompas.com - 10/11/2017, 10:42 WIB
Pengunjung mencoba teknologi augmented reality MREAL oik yusuf/ kompas.comPengunjung mencoba teknologi augmented reality MREAL
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple tampaknya tengah mengerjakan sebuah headset Augmented Reality (AR). Hal ini menandakan bahwa Apple akan benar benar serius dalam mengembangkan teknologi AR di jajaran perangkat mereka.

Dari info yang beredar, headset ini rencananya akan siap untuk uji coba pada 2019. Tahun 2020, Apple siap menghadirkan headset ini di pasaran. Headset AR ini oleh internal Apple dikabarkan memiliki nama sandi T288.

Sama seperti Apple Watch, headset AR Apple merupakan buah dari inovasi yang dilakukan oleh para insinyur Apple. Dikutip KompasTekno Melalui Apple Insider, Jumat (10/11/2017), headset AR tersebut akan dibuat berbeda dengan headset lainnya yang beredar di pasaran.

Ia tidak memerlukan perangkat lain seperti smartphone untuk membuatnya bekerja. Sebagai produk yang independen, perangkat tersebut juga akan memiliki layar sendiri. Konsep ini berbeda dengan yang dikembangkan Google dengan Project Tango-nya.

Google menggandeng sejumlah pabrikan smartphone untuk membuat smartphone yang bisa dipasang di headset AR-nya.

Headset baru Apple juga rencananya akan dilengkapi dengan mikroprosesor dan sistem operasi sendiri yang akan dinamai rOS. Sistem ini disinyalir sebagai versi lain dari iOS, layaknya watchOS untuk smartwatch dan tvOS untuk smart TV-nya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, CEO Apple, Tim Cook menyebutkan bahwa Apple memang memiliki ketertarikan dalam mengembangkan AR, alih-alih virtual reality (VR).

Cook berdapat bahwa AR dapat lebih membantu kehidupan manusia dibanding VR yang hanya akan membuat mereka menjadi mahluk anti-sosial.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.