Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang Laku, iPhone 8 Kalah dari iPhone 6S dan Oppo

Kompas.com - 11/11/2017, 07:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber MASHABLE
KOMPAS.com - Dibandingkan dengan iPhone X, sambutan konsumen terhadap duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang meluncur lebih dulu tahun ini tak terlalu menggembirakan.
 
Hal itu tercermin dalam laporan terbaru firma riset pasar Canalys yang menyebutkan bahwa angka pengapalan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus pada kuartal-III 2017 hanya sebesar 11,8 juta unit di seluruh dunia.
 
Jumlah tersebut lebih kecil dibandingkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang mencatat angka shipment sejumlah 14 juta unit di seluruh dunia dalam periode yang sama tahun lalu, 
 
Masih menurut Canalys, duo iPhone 8 bahkan tak masuk dalam urutan 5 besar smartphone terpopuler di dunia pada kuartal-III 2017, kalah dari iPhone 6S yang duduk di urutan kedua dengan pengapalan 7,9 juta unit.

Baca juga : Penjualan iPhone 8 Lesu, Saham Apple Turun

 
Urutan pertama 5 smartphone terpopuler versi Canalys ditempati oleh iPhone 7 dengan pengapalan 13 juta unit. Posisi keempat dan kelima diraih dua ponsel Oppo yang masing-masing mencatat pengiriman lebih dari 7 juta unit
 
Sementara itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Sabtu (11/11/2017), iPhone 8 hanya mencatat angka pengiriman 5,4 juta unit, dan iPhone 8 Plus sebesar 6,3 juta unit.
 
Meluncur pada akhir September lalu, gaung iPhone 8 dan iPhone 8 Plus segera ditenggelamkan oleh iPhone X yang menyusul dirilis sebulan kemudian. Angka pengapalan iPhone X belum tercatat, namun pemesanannya (pre-order) saja sudah tercatat sebanyak 50 juta.
 
Apple berupaya membuat duo iPhone 8 lebih menarik bagi konsumen dengan tak lagi menjual varian iPhone 7 dengan storage 256 GB. Di China, toko-toko memberikan diskon untuk mendongkrak penjualan iPhone 8.
 
Namun sejauh ini upaya-upaya tersebut agaknya belum berbuah manis. Apple bahkan dikabarkan memangkas order iPhone 8 dari para rekanan manufaktur sebanyak 50 persen hingga akhir 2017.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MASHABLE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com