Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Tangguhkan Verifikasi Centang Biru, Ada Apa?

Kompas.com - 11/11/2017, 12:33 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Twitter mengumumkan secara resmi telah menghentikan untuk sementara semua proses verifikasi akun. Langkah ini diambil setelah terjadi "kebingungan" perihal akun mana saja yang layak mendapat ikon centang biru (verified).

Sebelumnya, Twitter memberikan ikon centang biru kepada Jason Kessler. Twitter mendapat begitu banyak protes atas pemberian centang biru itu. Pasalnya, Kessler merupakan pihak yang mengorganisir protes rasial di Charlottesville, Virginia, pada Agustus lalu.   

Banyak pengguna yang menyatakan, Kessler tidak berhak mendapatkan centang biru atas aksinya tersebut. Twitter pun dianggap memberikan dukungan terhadap aksi Kessler.

Twitter sendiri beralasan, Kessler merupakan pemilik akun yang banyak mendapat perhatian publik sehingga berhak mendapat ikon tersebut.

Baca juga : Kreativitas Netizen Sambut Fitur 280 Karakter di Twitter

Melalui akun @TwitterSupport, Twitter mengakui kesalahan atas pemberian ikon tersebut.

"Verifikasi sebenarnya ditunjukkan untuk membuktikan identitas dan pendapat, tetapi malah diiterpretasikan sebagai bentuk dukungan atau indikator atas pentingnya suatu hal," kicau Twitter, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Crunch, Sabtu (11/11/2017).

"Kami menyadari telah menciptakan kebingungan ini dan butuh untuk menyelesaikannya. Kami telah menghentikan untuk sementara semua verifikasi umum yang dikerjakan dan akan melaporkan kembali segera," lanjut Twitter.


CEO Twitter, Jack Dorsey, ikut angkat suara. Menurutnya, pegawai verifikasi Twitter sudah menepati aturan perusahaan soal centang biru itu. Akan tetapi, aturan tersebut memang masih cukup membingungkan sehingga terkadang Twitter memberikannya kepada orang yang kurang tepat.


Verifikasi merupakah pengesahan akun Twitter yang ditujukan untuk selebriti, jurnalis, pemerintah, atlet, perusahaan, dan orang-orang penting lainnya yang memiliki pengaruh.

Akun yang terverifikasi akan mendapat sebuah "lencana" berupa ikon centang kecil bewarna biru yang disematkan di sebelah nama pengguna.

Baca juga : Kominfo: Twitter dan Facebook Penyumbang Terbesar Konten Pornografi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com