Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone X Mulai Dijual di Malaysia dan 13 Negara Lain, Indonesia?

Kompas.com - 13/11/2017, 11:00 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Apple

KOMPAS.com - iPhone X telah tersedia di 50 negara sejak penjualan perdana 3 November 2017 lalu. Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk gelombang pertama.

Tak berselang satu bulan, Apple bakal membawa iPhone X ke 14 negara lainnya mulai 23 dan 24 November mendatang. Beberapa negara yang masuk gelombang kedua antara lain Kamboja, Malaysia, dan Thailand.

Bisa dibilang, mayoritas negara-negara Asia Tenggara sudah bisa membeli iPhone X langsung dari gerai atau reseller resmi Apple dalam waktu dekat. Sayangnya Indonesia belum kebagian, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (13/11/2017), dari situs resmi Apple.

Kendati begitu, sudah ada beberapa orang Indonesia yang memegang iPhone X. Mereka ikut mengantre ketika iPhone X tersedia di Apple Store Orchard Road, Singapura pada 3 November lalu.

iPhone X merupakan lini spesial, karena menandai satu dekade Apple di industri smartphone. Pabrikan Cupertino itu menerapkan banyak inovasi pada ponsel tersebut.

Baca juga : Video: Kesan Pertama Menjajal iPhone X

Misalnya, untuk kali pertama iPhone dibekali dengan layar OLED minim bingkai (bezel less). Ada pula dan modul kamera ganda yang lensa kameranya dibekali fitur Optical Image Stabilizer (OIS).

Layar iPhone X berbentuk lebih panjang dibanding iPhone sebelumnya dengan aspect ratio 19,5:9. Dengan begitu, Apple bisa menempatkan layar lebih lebar (5,8 inci) di iPhone X, yang dimensi fisiknya hanya berbeda sedikit dibanding iPhone terdahulu (4,7 inci).

Apple menghilangkan tombol home fisik berikut pemindai sidik jari Touch ID yang biasa terdapat di bawah layar. Sebagai gantinya, iPhone X mengusung teknologi pengenal wajah Face ID untuk membuka kunci layar.

Proses navigasi iPhone X pun tak lagi berkisar pada penggunaan tombol Home sebagai alat utama, tapi sapuan jari dengan serangkaian gestur baru.

Hingga kini belum ada ancang-ancang iPhone X bakal meluncur di Indonesia. Kita tunggu saja.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Apple


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com