Kompas.com - 13/11/2017, 12:27 WIB
Kemasan penjualan iPhone X Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comKemasan penjualan iPhone X
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Baru seminggu dirilis, iPhone X dilaporkan langsung tersandung masalah. Sejumlah pemilik ponsel termahal dari Apple itu mengeluhkan sebuah garis hijau yang tiba-tiba muncul secara misterius di sepanjang sisi kanan layar perangkatnya.

Disebut misterius karena belum diketahui penyebabnya. Garis hijau yang memanjang secara vertikal dari ujung atas ke bawah layar itu kemudian ramai disebut sebagai “green line of death”. Para pemilik yang terdampak beramai-ramai mengunggah foto iPhone X kepunyaannya ke Twitter.

“iPhone X saya sudah bermasalah. Ada garis hijau di sisi kanan ponsel. Restart tak membantu. Apakah ini masalah yang diketahui keberadaannya?” keluh seorang pemilik iPhone X bernama @mix0mat0sis di Twitter.


Seperti yang disebut si pemilik di atas, me-restart ataupun me-restore (reset) iPhone X tak menyelesaikan masalah. Garis hijau yang menjengkelkan itu ngotot bertahan di layar, tak peduli apa pun usaha pengguna.

Dari mana asalnya garis hijau itu? Ada spekulasi bahwa penyebabnya mungkin terkait dengan sub-pixel hijau yang secara tak sengaja menyala secara terus-menerus, karena kesalahan elektrik (hardware).

Masalah serupa pernah terjadi di ponsel lain yang sama-sama menggunakan layar OLED seperti iPhone X, misalnya Galaxy S7 besutan Samsung yang segelintir unitnya pernah menampilkan garis berwarna pink di layar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Seperti dirangkum KompasTekno dari Mashable, Senin (13/11/2017), Apple belum memberikan keterangan resmi penyebab munculnya garis hijau di layar iPhone X ini.

Namun, salah seorang pemilik iPhone X yang terdampak mengatakan bahwa Apple telah menukar perangkatnya yang bermasalah dengan iPhone X baru, setelah ia mengunjungi Apple Store untuk mengadu.

Apple juga dilaporkan telah berkomunikasi di Twitter dengan sejumlah pemilik iPhone X yang bermasalah.

Garis hijau di layar ini menambah daftar masalah yang dihadapi iPhone X setelah penjualan perdana. Sebelumnya, iPhone X juga dilaporkan lemot alias melambat kinerjanya jika dioperasikan di suhu dingin.

Baca juga : iPhone X Bisa ?Lemot? Mendadak Saat Kedinginan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MASHABLE
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.