Kompas.com - 13/11/2017, 16:13 WIB
Bocoran tampilan layar Galaxy X saat menjalankan dua aplikasi berbeda di masing-masing layar lipatnya, sebagaiaman diperoleh dari dokumen paten Samsung. GSM ArenaBocoran tampilan layar Galaxy X saat menjalankan dua aplikasi berbeda di masing-masing layar lipatnya, sebagaiaman diperoleh dari dokumen paten Samsung.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Beragam rumor tentang ponsel lipat Samsung Galaxy X sudah banyak beredar. Satu hal yang belum diketahui selama ini adalah seperti apa tampilan layarnya.

Belakangan, misteri itu terkuak lewat serangkaian bocoran gambar yang diperoleh dari dokumen paten Samsung soal tampilan layar dan cara kerja ponsel dimaksud.

Dalam rangkaian gambar, Galaxy X tampak memiliki dua layar yang disusun berdampingan, mirip dua smartphone yang diletakkan persis bersebelahan.

Dua layar ini bisa menjalankan fungsi berbeda-beda, tergantung aplikasi yang dijalankan, baik dalam orientasi portrait (vertikal) maupun landscape (horizontal).

Baca juga : ZTE Rilis Android Lipat Axon M, Punya 4 Mode Layar

Satu skenario memperlihatkan Galaxy X menjalankan dua aplikasi berbeda di masing-masing layar. Salah satu layar menjalankan aplikasi e-mail, sementara lainnya instant messaging.

Bocoran tampilan Galaxy X dalam orientasi landscape saat memainkan game.GSM Arena Bocoran tampilan Galaxy X dalam orientasi landscape saat memainkan game.
Skenario kedua memperlihatkan fungsi mirip konsol game portabel Nintendo 3DS. Kali ini layar Galaxy X digunakan dengan orientasi landscape.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Layar pertama di bagian atas menampilkan aksi dalam game, misalnya mobil yang melaju di lintasan dalam game balap, sementara layar kedua di bagian bawah menampilkan antarmuka kemudi (setir, berikut pedal).

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (13/11/2017), karena bisa dilipat dengan posisi saling memunggungi, kedua layar Galaxy X juga bisa menyulap perangkat menjadi seperti buku.

Bagian layar yang menghadap ke wajah pengguna menampilkan sisi buku, sementara bagian layar yang mengadap ke luar menampilkan sampul buku sehingga orang lain bisa mengetahui buku apa yang sedang dibaca pengguna.

Konsep penggunaan serupa diketahui telah diterapkan oleh ZTE di ponsel lipatnya, Axon M, yang lebih dulu diluncurkan pada Oktober lalu. Sementara itu, tanggal kemunculan Galaxy X masih belum jelas.

Baca juga : Samsung Selangkah Lagi Rilis Android Lipat Galaxy X?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.