Fitur Baru Android Oreo Perpanjang Umur Baterai

Kompas.com - 14/11/2017, 06:58 WIB
Android Oreo AndroidAuthorityAndroid Oreo
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Android versi 8.1 Oreo yang masih dalam pengembangan memiliki fitur baru. Fitur tersebut digadang-gadang mampu memperpanjang usia baterai samrtphone. Fitur tersebut diberi nama wakelock detector.

Wakelock detector merupakan aplikasi penghemat baterai yang akan mengidentifikasi dan memantau aplikasi untuk mencegah smartphone berada dalam mode deep sleep.

Fitur ini akan memilih aplikasi yang menguras daya baterai dengan cara mencegah perangkat beralih ke mode deep sleep. Selama mode deep sleep, aplikasi yang sedang berjalan di background, seperti media sosial, jaringan WiFi, atau data seluler, akan dinon-aktifkan sementara.

Kemudian, aplikasi yang bekerja di latar belakang tersebut akan diaktifkan kembali saat ponsel dibuka agar tetap sinkron, khususnya aplikasi yang membutuhkan notifikasi atau pemberitahuan.

Baca juga : 6 Aplikasi Penghemat Baterai Android

Selain memperitahu pengguna tentang aplikasi apa saja yang boros daya, Wakelock detector juga menyertakan alasan mengapa aplikasi tersebut menggunakan banyak sekali daya baterai. Contohnya adalah aplikasi berbasis lokasi yang dapat menelusuri lokasi pengguna berulang kali. Aplikasi seperti ini akan menguras daya sangat cepat.

Sebagaimana KompasTekno himpun dari Phone Arena, Selasa (14/11/2017), Wakelock detector dapat ditemukan di menu informasi baterai yang berada di Setting atau pengaturan. Di mana nantinya wrongdoing app atau aplikasi yang kerjanya mencurigakan (seperti menguras banyak baterai) akan mudah diidentifikasi dengan peringatan ikon baterai bewarna merah.

Wakelocks Android Versi 8.1Phone Arena Wakelocks Android Versi 8.1

Baca juga : Segera Hadir, 4 Teknologi Penghemat Baterai Paling Top

Dengan fitur Wakelock detector, pengguna bisa memutuskan apakah ingin menutup secara paksa aplikasi atau 'melumpuhkan' (disable) layanan pendukung yang sedang digunakan, seperti GPS yang didukung oleh aplikasi berbasis lokasi.

Selama ini, hampir sebagian besar pengguna Android mengakali penghematan daya baterai dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendeteksi wrongdoing app. Dengan layanan fitur baru dari Android ini, diharapkan masa depan sistem operasi Android menjadi lebih baik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X