Kompas.com - 14/11/2017, 15:10 WIB
Bagian depan iPhone X tampil nyaris tanpa bezel Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comBagian depan iPhone X tampil nyaris tanpa bezel
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sejak dijual secara global pada 3 November lalu, iPhone X (baca: iPhone Ten) mendapat beberapa keluhan dari pengguna. Keluhannya beragam, dari yang serius sampai yang dianggap sepele.

Masalah serius yang banyak dibicarakan adalah garis hijau di sisi layar. Sementara itu, salah satu contoh masalah sepele adalah "rambut poni" iPhone X.

"Rambut poni" (notch) iPhone X sendiri merupakan baris hitam horizontal di sisi atas bagian tengah yang digunakan sebagai tempat kamera depan dan sensor pengenal wajah.

Bagi yang merasa terganggu dengan notch ini, sudah ada sebuah aplikasi untuk mengatasi masalah tersebut. Apple baru saja mengizinkan hadirnya sebuah aplikasi bernama Notch Remover di Apple App Store. 

Baca juga : iPhone X Dilanda Masalah Garis Hijau Misterius di Layar

Aplikasi tersebut tidak serta merta menghapus notch seperti namanya. Cara kerjanya hanya memanipulasi tampilan layar dengan wallpaper khusus lengkap dengan baris hitam sejajar dengan notch. Dengan ini, iPhone X seolah-olah memiliki bingkai di atas seperti model iPhone sebelum-sebelumnya.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (14/11/2017), Apple sendiri sebenarnya melarang pengembang aplikasi untuk tidak "menutupi" notch seperti yang dilakukan aplikasi Notch Remover. Meski begitu, masih belum jelas mengapa Apple mengizinkan hadirnya aplikasi itu di toko aplikasinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jangan mencoba untuk menyembunyikan sudut-sudut perangkat, sensor housing, atau indikator untuk mengakses layar utama dengan menempatkan baris hitam di atas dan bawah layar," tulis Apple pada Human Interface Guidlines atau pedoman antarmuka iPhone X.

Notch Remover sendiri bisa dibeli dengan harga 0,99 dollar AS atau sekitar Rp 13.500. Mengingat masalah notch ini sebenarnya tidak mengganggu kinerja iPhone X, patut dipertimbangkan untuk membeli aplikasi tersebut.

Baca juga : Iklan Samsung Sindir Layar Poni iPhone X

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.