Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Digugat Pembuat Fitur "Mirroring" iPhone

Kompas.com - 18/11/2017, 18:39 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Gugatan Aqua Connect Inc pada raksasa teknologi Apple mulai diselidiki oleh Komisi Perdagangan Internasional (ITC). Pada tuntutannya, Aqua Connect menyebutkan bahwa Apple telah melanggar paten sistem mirorring antar-perangkat.

Gugatan ini dikeluarkan per awal November 2017 lalu melalui pernyataan resmi Aqua Connect. Apple disebut menyematkan fitur AirPlay ke iPhone dan iPad yang diklaim menggunakan paten milik Aqua Connect tanpa persetujuan.

"AirPlay Mirroring menggunakan teknologi Aqua Connect yang telah dipatenkan. Sejak iOS 5, Apple selalu menyertakan fitur Mirroring AirPlay  yang menggunakan teknologi Aqua Connect dan tanpa izin dari kami," tulis Aqua Connect seperti dikutip KompasTekno dari BGR, Sabtu (18/11/2017).

Fitur AirPlay Mirroring memungkinkan pengguna iOS dan MacOS memindahkan tampilan perangkatnya atau streaming video ke televisi atau perangkat projector menggunakan Apple TV secara nirkabel.

Langkah ITC melakukan investigasi diperkirakan akan berdampak pada penjualan Apple. Jika Apple terbukti bersalah, ITC memiliki otoritas untuk memblokir penjualan iPhone dan iPad yang dianggap telah melanggar hak paten perusahaan lain.

Gugatan ini menambah daftar panjang 'drama' Apple terhadap perusahaan teknologi lain. Sebelumnya, perusahaan milik Steve Jobs ini terlibat perseteruan dengan pencipta chipset asal China, Qualcomm yang belum menemukan titik terang hingga saat ini. Bulan lalu, Apple baru saja memenangkan gugatannya terhadap Samsung atas hak paten layar geser.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com