Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dicubit", Video YouTube Jadi Lebih Besar

Kompas.com - 19/11/2017, 10:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - YouTube telah menambahkan fitur untuk memperbesar gambar atau video dengan fitur pinch-to-zoom. Dengan gerakan mencubit (menyapukan jempol dan jari telunjuk) ke arah luar, penonton YouTube di smartphone bisa memperbesar tampilan.

Gerakan mencubit yang dimaksud sama dengan gerakan seperti ketika hendak memperbesar gambar pada galeri atau foto yang muncul di feed Instagram.

Sayangnya, fitur ini baru bisa digunakan di smartphone dengan layar yang memiliki aspek rasio lebih besar dari 16:9.

Seperti diketahui, smartphone-smartphone seri terbaru kini mengusung aspek rasio layar yang lebih lebar, seperti iPhone X dan Galaxy S8 dengan rasio layar 18,5:9.

Fitur mencubit untuk memperbesar tampilan ini hadir di pembaruan atau update YouTube versi 12.44 yang dirilis pada 15 November lalu.

Perlu diketahui, ketika melakukan zooming atau memperbesar video yang sedang ditonton, maka sisi-sisi video tersebut bakal terpotong. 

Baca juga : Begini Cara Mempercepat dan Memperlambat Video YouTube di Ponsel

Awalnya, pembaruan ini hanya hadir di Google Pixel 2 XL. Sejauh ini menurut laporan 9to5Google yang dirangkum KompasTekno, Minggu (19/11/2017), fitur ini telah bisa digunakan di Samsung Galaxy S8 Active, Huawei Mate 10 Pro, dan LG V30.

Kabarnya, fitur ini bakal hadir di smartphone seri lain di berbagai macam ukuran aspek rasio. YouTube versi lawas di Android belum memiliki fitur ini, sehingga jika ingin menjajal bagaimana fitur ini bekerja, pengguna harus melakukan pembaruan ke YouTube versi 12.44 di PlayStore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com