Kompas.com - 20/11/2017, 09:51 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - iPhone X dinobatkan sebagai salah satu penemuan terbaik tahun ini. Majalah Time memasukkan iPhone X ke dalam daftar “25 Best Inventions of 2017”. Flagsip teranyar itu disejajarkan dengan penemuan menakjubkan lainnya, seperti wahana pendaratan di planet Mars buatan NASA, bertajuk “InSight”.

Lantas apa yang membuat iPhone X begitu spesial? Dalam sebuah artikel bertajuk “A Smarter Smartphone”, Time mendefinisikan ponsel buatan Apple tersebut sebagai perangkat yang memadukan semua kualitas terbaik dari segi desain, fitur, dan spesifikasi.

“Saya melihat desain adalah sesuatu yang kami seriusi sejak hari pertama,” kata SVP of Hardware Apple, Dan Ricco, yang dijadikan pembuka artikel Time, dikutip KompasTekno, Senin (20/11/2017).

Artikel tersebut juga menonjolkan layar OLED yang untuk pertama kalinya ditanamkan Apple, chipset A11 Bionic yang semakin mendukung implementasi augmented reality (AR), hingga kamera yang disematkan sistem Face ID.

Time juga menggarisbawahi bagaimana transformasi iPhone dari masa ke masa. Salah satu yang dianggap paling masif adalah peralihan antara Touch ID dan tombol Home, ke Face ID dan gestures.

Chief Design Officer Apple, Jonathan "Jony" Ive, pernah memberikan jawaban on point mengenai transformasi iPhone. Menurut dia, “Kami melihat masa depan. Setia pada fitur-fitur lama adalah jalan menuju kegagalan”.

Time menilai Apple memiliki sikap yang tegas dan konsisten soal jati dirinya sebagai vendor smartphone. Karenanya, iPhone X bisa lahir sebagai inovasi yang membawa industri smartphone ke level lebih tinggi.

Selain iPhone X, daftar “25 Best Inventions of 2017” versi Time Magazine meliputi cangkir yang bisa menghangatkan isinya sendiri, elevator yang bisa berubah arah, es krim sehat, fidget spinners, dan sebagainya.

Ini bukan pertama kalinya Time Magazine mengapresiasi buah pemikiran Apple. Sebelumnya, pada daftar gadget paling berpengaruh sepanjang masa, alias “50 Most Influential Gadgets of All Time” yang dipublikasikan pada 2016, Time Magazine menempatkan iPhone pada urutan pertama.

iPhone dianggap berjasa memperkenalkan konsep aplikasi mobile yang hari ini tertera pada semua smartphone. Selain itu, produk Apple lainnya juga tercantum seperti Macintosh pada urutan ketiga, iPod pada urutan kesembilan, iPad ke-25, dan iBook ke-38.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Time

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.