Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depak Qualcomm, Apple Gandeng Intel Bikin Modem 5G iPhone

Kompas.com - 21/11/2017, 07:42 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Apple semakin menjauhi Qualcomm setelah sengketa royalti yang membawa kedua perusahaan ke ranah hukum, tidak menemukan titik damai. Pelan tapi pasti, Apple mencoba mencari alternatif kebutuhan manufaktur iPhone di masa depan.

Termasuk dalam pembuatan modem 5G untuk iPhone. Apple dikabarkan meneken kontrak dengan Intel, menggantikan Qualcomm yang telah menjadi pemasok modem iPhone sejak 2011.

Apple dan Intel dilaporkan sepakat untuk membuat modem 5G yang tertanam dalam chipset iPhone.

Chipset itu sendiri terdiri atas prosesor A-series, prosesor grafis (GPU), dan komponen iPhone lainnya. Semua komponen itu ke depannya bakal diproduksi oleh Intel.

Baca juga : Batal Damai, Apple akan Tinggalkan Qualcomm?

Dikutip KompasTekno dari Apple Insider, Selasa (21/11/2017), Intel mengaku berhasil menguji coba teknologi 5G di frekuensi 28 GHz menggunakan modem yang dikenalkan pada Consumer Electronics Show (CES) awal 2017. Chip XMM 8060 itu diperkirakan akan tersedia pada 2020.

Sebelumnya, pada Oktober lalu, Apple sempat dikabarkan bakal membuat iPhone tanpa bantuan Qualcomm. Alih-alih, Apple bakal beralih ke MediaTek atau Intel. Keputusan ini disniyalir merupakan efek samping perseteruan Apple dengan Qualcomm di persidangan.

Jika Apple serius meninggalkan Qualcomm dalam produksi chip, diperkirakan Qualcomm akan kehilangan 13 persen pendapatannya. Sehingga akan berdampak cukup besar bagi penjualan Qualcomm mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com