Depak Qualcomm, Apple Gandeng Intel Bikin Modem 5G iPhone

Kompas.com - 21/11/2017, 07:42 WIB
Jeroan dari iPhone X, tampak ada dua baterai di dalamnya. ifixit.comJeroan dari iPhone X, tampak ada dua baterai di dalamnya.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple semakin menjauhi Qualcomm setelah sengketa royalti yang membawa kedua perusahaan ke ranah hukum, tidak menemukan titik damai. Pelan tapi pasti, Apple mencoba mencari alternatif kebutuhan manufaktur iPhone di masa depan.

Termasuk dalam pembuatan modem 5G untuk iPhone. Apple dikabarkan meneken kontrak dengan Intel, menggantikan Qualcomm yang telah menjadi pemasok modem iPhone sejak 2011.

Apple dan Intel dilaporkan sepakat untuk membuat modem 5G yang tertanam dalam chipset iPhone.

Chipset itu sendiri terdiri atas prosesor A-series, prosesor grafis (GPU), dan komponen iPhone lainnya. Semua komponen itu ke depannya bakal diproduksi oleh Intel.

Baca juga : Batal Damai, Apple akan Tinggalkan Qualcomm?

Dikutip KompasTekno dari Apple Insider, Selasa (21/11/2017), Intel mengaku berhasil menguji coba teknologi 5G di frekuensi 28 GHz menggunakan modem yang dikenalkan pada Consumer Electronics Show (CES) awal 2017. Chip XMM 8060 itu diperkirakan akan tersedia pada 2020.

Sebelumnya, pada Oktober lalu, Apple sempat dikabarkan bakal membuat iPhone tanpa bantuan Qualcomm. Alih-alih, Apple bakal beralih ke MediaTek atau Intel. Keputusan ini disniyalir merupakan efek samping perseteruan Apple dengan Qualcomm di persidangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Apple serius meninggalkan Qualcomm dalam produksi chip, diperkirakan Qualcomm akan kehilangan 13 persen pendapatannya. Sehingga akan berdampak cukup besar bagi penjualan Qualcomm mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.