Kompas.com - 21/11/2017, 14:23 WIB
Salah satu unit iPhone X yang dibeli oleh Kittiwat Wang Oik Yusuf/ KOMPAS.comSalah satu unit iPhone X yang dibeli oleh Kittiwat Wang
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kehadiran resmi iPhone X di Indonesia semakin menguat. Smartphone terbaru Apple tersebut dikabarkan bakal dijual di Tanah Air pada awal tahun depan.

Sebuah sumber yang tidak bersedia disebutkan identitasnya mengatakan iPhone X akan dijual secara resmi di Indonesia pada bulan Januari 2018.

Informasi ini diungkap pertama kali oleh blog spesialis produk Apple MakeMac.com dan dirangkum KompasTekno, Selasa (21/11/2017). Meski demikian, sumber tersebut masih enggan membeberkan tanggal penjualan perdana dan banderol harga iPhone X di Indonesia.

Jika bocoran ini benar, iPhone X akan menjadi seri iPhone yang paling cepat hadir di Indonesia terhitung sejak peluncuran resminya di AS. iPhone X sendiri diperkenalkan pertama kali ke publik pada September lalu dan mulai dijual pada awal November 2017 di AS.

Debut iPhone X di Indonesia bakal hanya terpaut empat bulan dari acara peluncurannya. Bahkan jika dihitung dari penjualan perdana secara global cuma terpaut tiga bulan. Sebagai perbandingan, iPhone 7 diluncurkan Apple pada September 2016 dan baru masuk Indonesia pada Maret 2017.

Untuk banderol harga, iPhone X di Indonesia hampir dipastikan akan lebih mahal dari harga di AS. Di tanah kelahirannya, iPhone X dijual dengan harga 999 dollar AS (sekitar Rp 13 juta) untuk versi 64 GB. Sedangkan harga iPhone X versi 256 dibanderol 1149 dollar AS atau sekitar Rp 15,1 juta.

Kemungkinan harga iPhone X di Indonesia tak terpaut jauh dengan banderol di Singapura, mulai 1.648 Singapore dollar (sekitar Rp 16 juta). (Baca: Membandingkan Harga iPhone X di Tiga Tetangga Indonesia)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sertifikasi iPhone X di Indonesia

Tanda-tanda kehadirannya di Tanah Air memang telah terendus sebelumnya. Indikasi pertama terdapat di laman Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menyebutkan bahwa iPhone X telah memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan bobot 30 persen.

Pemenuhan TKDN 30 persen adalah salah satu syarat pemerintah Indonesia bagi ponsel 4G yang dipasarkan di Indonesia. Pemerintah memberikan sejumlah opsi bagi pemenuhan syarat tersebut.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.