iPhone Bakal Dibuat dari Limbah Daur Ulang?

Kompas.com - 22/11/2017, 20:12 WIB
Prototipe iPhone 8 EverythingAppleProPrototipe iPhone 8
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple berkomitmen agar produknya menjadi produk eco-friendly (ramah lingkungan). Komitmen itu dibuktikan Apple dengan inisiatif membuat produk smartphone iPhone dan komputer Mac dari bahan limbah yang didaur-ulang.

Limbah daur ulang yang dimaksud Apple adalah seperti bioplastik. Hal itu dilakukan Apple untuk mengurangi ketergantungan dari bahan tambang. Saat ini, Apple masih mencari cara untuk mewujudkannya. Tetapi Apple bertekad untuk tidak mengeksplorasi hasil bumi sama sekali ke depannya.

"Kami berkomitmen menggunakan bahan daur ulang 100 persen di produk kami, atau bahan terbarukan. Kami sangat antusias untuk itu", jelas wakil presiden lingkungan, inisiatif kebijakan sosial Apple, Lisa Jackson dikutip KompasTekno dari BGR, Rabu (22/11/2017).

Baca juga : Demi Lingkungan, Apple Bakal Stop Bikin iPhone Pakai Hasil Tambang

Apple sempat dicerca karena dianggap lamban merespon isu lingkungan oleh organisasi lingkungan. Kini mereka ingin menjadi role model sebagai pabrik teknologi yang ramah lingkungan.

"Sejauh yang kami tahu, kamilah satu-satunya perusahaan di sektor ini yang menemukan solusi tersebut. Banyak orang yang membahas tentang elektronik daur ulang tapi bahannya belum tentu dibutuhkan di elektronik yang baru itu" imbuh Lisa.

Itikad baik Apple tersebut memang terdengar tidak mudah, mengingat produk Apple selalu laris terjual tiap tahunnya. Lisa pun mengatakan

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Amnesty Internasonal bahkan memuji Apple yang bertanggungjawab atas eksplorasi kobalt.
Bagi industri smartphone, kobalt adalah bahan baku penting karena menjadi bahan baku baterai lithium yang tertanam di smartphone.

Apple pernah terdaftar di penelitian Amnesty Internasional dan tim peneliti Afterwatch sebagai salah satu vendor yang menggunakan kobalt hasil dari eksploitasi anak-anak di Kongo.

Kongo memasok setengah dari total kobalt di dunia dimana kebanyakan penambangan dilakukan hanya menggunakan tangan kosong yang terkadang dilakukan anak-anak.
Tahun ini Apple berjanji akan berhenti menggunakan kobalt yang ditambang menggunakan tangan kosong di Kongo.

Baca juga : Samsung Janji Pemusnahan Galaxy Note 7 Tidak Akan Rusak Lingkungan



Sumber bgr
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X