Ada "Bug" di 3 Generasi Prosesor Intel, Jutaan PC Terancam

Kompas.com - 23/11/2017, 13:12 WIB
Ilustrasi prosesor PC Intel IstIlustrasi prosesor PC Intel
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sejumlah celah keamanan (bug) ditemukan di tiga generasi prosesor Intel, tepatnya bagian firmware manajemen sistem (Intel Management Engine, Intel Trusted Execution Engine, dan Intel Server Platform Services) yang terdapat di PC, server, dan perangkat Internet of Things (IoT).

Bug” dimaksud memiliki empat exploit yang bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk menyerang sistem, termasuk mengambil alih perangkat dari jarak jauh lewat eksekusi kode berbahaya secara remote.

Sebanyak tiga generasi prosesor PC Intel yang dibuat sejak 2015 terdampak oleh celah keamanan ini, yakni Intel Core generasi ke-6 (Skylake), Intel Core generasi ke-7 (Kaby Lake), dan Intel Core generasi ke-8 (Kaby Lake-R dan Coffee Lake).

Selain itu, beragam tipe chip lain di luar kategori PC juga ikut tersengat bug, termasuk keluarga chip IoT Atom C3000 dan E3900, keluarga chip server Xeon E3-1200 V5, V6, Xeon Processor Scalable, dan Xeon Processor W, hingga keluarga chip mobile computing Apollo Lake Pentium, serta Celeron N dan J.

Jutaan perangkat PC, server, dan perangkat IoT di seluruh dunia diperkirakan terimbas oleh bug celah keamanan prosesor Intel ini.

Baca juga : Intel Resmikan Prosesor Desktop Core Generasi ke-8

Selain exploit yang memungkinkan hacker mengambil alih sistem secara remote, tiga exploit lain juga bisa digunakan hacker untuk mengakses informasi penting pada sistem, namun aksesnya harus dilakukan secara local, bukan dari jarak jauh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Kamis (23/11/2017), Intel menyediakan laman khusus untuk membantu mendeteksi apakah komputer pengguna (Windows dan Linux) terdampak bug ini atau tidak.

Sejumlah vendor PC seperti HP, Lenovo, dan Dell sudah menyiapkan patch firmware untuk menambal celah keamanan di komputer bikinan masing-masing.

Apabila komputer terdampak bug, Intel menyarankan pengguna agar memantau update firmware dari pabrikan komputer atau komponen motherboard komputer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.