Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Bug" di 3 Generasi Prosesor Intel, Jutaan PC Terancam

Kompas.com - 23/11/2017, 13:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah celah keamanan (bug) ditemukan di tiga generasi prosesor Intel, tepatnya bagian firmware manajemen sistem (Intel Management Engine, Intel Trusted Execution Engine, dan Intel Server Platform Services) yang terdapat di PC, server, dan perangkat Internet of Things (IoT).

Bug” dimaksud memiliki empat exploit yang bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk menyerang sistem, termasuk mengambil alih perangkat dari jarak jauh lewat eksekusi kode berbahaya secara remote.

Sebanyak tiga generasi prosesor PC Intel yang dibuat sejak 2015 terdampak oleh celah keamanan ini, yakni Intel Core generasi ke-6 (Skylake), Intel Core generasi ke-7 (Kaby Lake), dan Intel Core generasi ke-8 (Kaby Lake-R dan Coffee Lake).

Selain itu, beragam tipe chip lain di luar kategori PC juga ikut tersengat bug, termasuk keluarga chip IoT Atom C3000 dan E3900, keluarga chip server Xeon E3-1200 V5, V6, Xeon Processor Scalable, dan Xeon Processor W, hingga keluarga chip mobile computing Apollo Lake Pentium, serta Celeron N dan J.

Jutaan perangkat PC, server, dan perangkat IoT di seluruh dunia diperkirakan terimbas oleh bug celah keamanan prosesor Intel ini.

Baca juga : Intel Resmikan Prosesor Desktop Core Generasi ke-8

Selain exploit yang memungkinkan hacker mengambil alih sistem secara remote, tiga exploit lain juga bisa digunakan hacker untuk mengakses informasi penting pada sistem, namun aksesnya harus dilakukan secara local, bukan dari jarak jauh.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Kamis (23/11/2017), Intel menyediakan laman khusus untuk membantu mendeteksi apakah komputer pengguna (Windows dan Linux) terdampak bug ini atau tidak.

Sejumlah vendor PC seperti HP, Lenovo, dan Dell sudah menyiapkan patch firmware untuk menambal celah keamanan di komputer bikinan masing-masing.

Apabila komputer terdampak bug, Intel menyarankan pengguna agar memantau update firmware dari pabrikan komputer atau komponen motherboard komputer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com