Tak Ada Lagi Foto "Pecah" di Facebook Messenger

Kompas.com - 24/11/2017, 12:59 WIB
Facebook Messenger Android PoliceFacebook Messenger
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Adakalanya foto-foto bagus yang ingin Anda kirimkan melalui Facebook Messenger menjadi "pecah" alias beresolusi rendah ketika sampai pada penerima. Karena itu, banyak pengguna yang lebih memilih mengirimkan foto beresolusi tinggi melalui e-mail.

Mempertimbangkan hal tersebut, Facebook telah menambahkan fitur baru pada layanan pesan singkat Mesengger. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengirim dan menerima foto dalam resolusi 4K atau 4.096 x 4096 piksel.

Dengan layanan ini, baik pengirim maupun pengguna tidak perlu khawatir fotonya jadi "pecah" saat dikirim via Facebook Messenger.

Facebook mengklaim, pengguna akan menerima gambar tersebut dengan kualitas yang sama baiknya dengan versi asli. Meski ukuran filenya lebih besar, Facebook menjanjikan kecepatan pengiriman dan penerimaan tidak jadi lambat.

"Kami mendengar bahwa orang ingin mengirim dan menerima foto beresolusi tinggi di Messenger," tulis Sean Kelly & Hagen Green, Menejer Produk Messengger dalam situs resmi Facebook, seperti dikutip KompasTekno dari blog resmi Facebook, Jumat (24/11/2017).

"Dan mengingat orang mengirim lebih dari 17 miliar foto melalui Messenger setiap bulan, kami membuat percakapan Anda lebih kaya, lebih tajam, dan lebih baik dari sebelumnya," tambah mereka.

Fitur ini sebenarnya belum terlalu berguna karena belum banyak smartphone yang mendukung tampilan layar 4K. Yang mendukung layar 4K salah satunya adalah Sony Xperia Z5 Premium.

Meski demikan, Facebook menyebut pengguna yang menerima foto beresolusi 4K dari rekannya akan mendapatkan foto yang lebih tajam dan cerah, meski smartphone-nya belum mendukung 4K.

Untuk mengirim gambar 4K, pengguna harus melakukan pembaruan terlebih dahulu pada aplikasi Messenger. Setelah menyelesaikan pembaruan, pengguna dapat berbagi gambar dengan cara yang biasa dilakukan.

Fitur mengirim gambar 4K saat ini dapat dilakukan oleh pengguna iPhone dan Android di sejumlah negara seperti Amerika, Kanada, Prancis, Australia, Inggris, Singapura, Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan. Dalam beberapa minggu mendatang, Facebook akan segera  meluncurkan fitur resolusi 4K kini e sejumlah negara lain.

Belakangan ini, saling bertukar gambar memang menjadi cara baru bagi sejumlah orang untuk berkomunikasi. Dibandingkan dengan teks, mengirim gambar dianggap lebih ekspresif dan emosional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Facebook
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.