Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Lagi Foto "Pecah" di Facebook Messenger

Kompas.com - 24/11/2017, 12:59 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber Facebook

KOMPAS.com - Adakalanya foto-foto bagus yang ingin Anda kirimkan melalui Facebook Messenger menjadi "pecah" alias beresolusi rendah ketika sampai pada penerima. Karena itu, banyak pengguna yang lebih memilih mengirimkan foto beresolusi tinggi melalui e-mail.

Mempertimbangkan hal tersebut, Facebook telah menambahkan fitur baru pada layanan pesan singkat Mesengger. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengirim dan menerima foto dalam resolusi 4K atau 4.096 x 4096 piksel.

Dengan layanan ini, baik pengirim maupun pengguna tidak perlu khawatir fotonya jadi "pecah" saat dikirim via Facebook Messenger.

Facebook mengklaim, pengguna akan menerima gambar tersebut dengan kualitas yang sama baiknya dengan versi asli. Meski ukuran filenya lebih besar, Facebook menjanjikan kecepatan pengiriman dan penerimaan tidak jadi lambat.

"Kami mendengar bahwa orang ingin mengirim dan menerima foto beresolusi tinggi di Messenger," tulis Sean Kelly & Hagen Green, Menejer Produk Messengger dalam situs resmi Facebook, seperti dikutip KompasTekno dari blog resmi Facebook, Jumat (24/11/2017).

"Dan mengingat orang mengirim lebih dari 17 miliar foto melalui Messenger setiap bulan, kami membuat percakapan Anda lebih kaya, lebih tajam, dan lebih baik dari sebelumnya," tambah mereka.

Fitur ini sebenarnya belum terlalu berguna karena belum banyak smartphone yang mendukung tampilan layar 4K. Yang mendukung layar 4K salah satunya adalah Sony Xperia Z5 Premium.

Meski demikan, Facebook menyebut pengguna yang menerima foto beresolusi 4K dari rekannya akan mendapatkan foto yang lebih tajam dan cerah, meski smartphone-nya belum mendukung 4K.

Untuk mengirim gambar 4K, pengguna harus melakukan pembaruan terlebih dahulu pada aplikasi Messenger. Setelah menyelesaikan pembaruan, pengguna dapat berbagi gambar dengan cara yang biasa dilakukan.

Fitur mengirim gambar 4K saat ini dapat dilakukan oleh pengguna iPhone dan Android di sejumlah negara seperti Amerika, Kanada, Prancis, Australia, Inggris, Singapura, Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan. Dalam beberapa minggu mendatang, Facebook akan segera  meluncurkan fitur resolusi 4K kini e sejumlah negara lain.

Belakangan ini, saling bertukar gambar memang menjadi cara baru bagi sejumlah orang untuk berkomunikasi. Dibandingkan dengan teks, mengirim gambar dianggap lebih ekspresif dan emosional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com