Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Siapkan Cara Baru untuk “Mention” Teman?

Kompas.com - 26/11/2017, 16:49 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Apabila ingin melakukan mention orang lain dalam sebuah komentar di posting, pengguna Facebook selama ini mesti menuliskan karakter “@“ dengan diikuti oleh nama orang bersangkutan.

Namun, nantinya mungkin bakal ada cara baru untuk menambah mention, yakni melalui sebuah fitur baru yang tengah dikembangkan oleh Facebook. Keberadaan fitur tersebut diketahui dari deretan kode program tersembunyi di dalam situs Facebook.

Fitur itu berbentuk sebuah tombol baru bernama “Mention a friend” di sisi kanan kolom komentar, di deretan yang sama dengan tombol untuk menambah emoji, foto, dan lain-lain dalam tulisan.

Saat di-klik, tombol “Mention a friend” akan memunculkan daftar teman pengguna di Facebook yang bisa digulir untuk memilih mana yang akan disebut dalam mention.

Bocoran Fitur Tag tanpa @ di FacebookThe Next Web Bocoran Fitur Tag tanpa @ di Facebook

Fitur ini bisa membantu pengguna yang ingin melakukan mention ke teman, tetapi kebetulan sedang lupa nama si teman di Facebook. Apabila ingat nama teman yang ingin di-mention, cara lama dengan menuliskan karakter “@“ lebih singkat dan praktis.

Baca juga : Dikritik, 2 Fitur Facebook yang Merespons Teror di Paris

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Minggu (26/11/2017), sebenarnya mekanisme mention teman seperti ini sudah diterapkan Facebook untuk menandai orang (tag) di posting atau status. Logo yang dipakai agaknya juga bakal serupa.

Facebook masih belum memberikan keterangan resmi mengenai fitur “Mention a friend”.

Belum jelas pula apakah fitur ini akan benar-benar dirilis atau hanya merupakan sisa-sisa ujicoba Facebook sebelumnya yang lupa dihapus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com