Facebook Siapkan Cara Baru untuk “Mention” Teman?

Kompas.com - 26/11/2017, 16:49 WIB
Ilustrasi Facebook The telegraphIlustrasi Facebook
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Apabila ingin melakukan mention orang lain dalam sebuah komentar di posting, pengguna Facebook selama ini mesti menuliskan karakter “@“ dengan diikuti oleh nama orang bersangkutan.

Namun, nantinya mungkin bakal ada cara baru untuk menambah mention, yakni melalui sebuah fitur baru yang tengah dikembangkan oleh Facebook. Keberadaan fitur tersebut diketahui dari deretan kode program tersembunyi di dalam situs Facebook.

Fitur itu berbentuk sebuah tombol baru bernama “Mention a friend” di sisi kanan kolom komentar, di deretan yang sama dengan tombol untuk menambah emoji, foto, dan lain-lain dalam tulisan.

Saat di-klik, tombol “Mention a friend” akan memunculkan daftar teman pengguna di Facebook yang bisa digulir untuk memilih mana yang akan disebut dalam mention.

Bocoran Fitur Tag tanpa @ di FacebookThe Next Web Bocoran Fitur Tag tanpa @ di Facebook

Fitur ini bisa membantu pengguna yang ingin melakukan mention ke teman, tetapi kebetulan sedang lupa nama si teman di Facebook. Apabila ingat nama teman yang ingin di-mention, cara lama dengan menuliskan karakter “@“ lebih singkat dan praktis.

Baca juga : Dikritik, 2 Fitur Facebook yang Merespons Teror di Paris

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Minggu (26/11/2017), sebenarnya mekanisme mention teman seperti ini sudah diterapkan Facebook untuk menandai orang (tag) di posting atau status. Logo yang dipakai agaknya juga bakal serupa.

Facebook masih belum memberikan keterangan resmi mengenai fitur “Mention a friend”.

Belum jelas pula apakah fitur ini akan benar-benar dirilis atau hanya merupakan sisa-sisa ujicoba Facebook sebelumnya yang lupa dihapus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.