Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Smartphone Xiaomi yang Tidak Kebagian Update Lagi Selamanya

Kompas.com - 28/11/2017, 11:19 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi mengumumkan MIUI 9 merupakan pembaruan (update) terakhir bagi enam produk smartphone-nya. Enam smartphone tersebut merupakan produk lawas keluaran tahun 2012 hingga tahun 2015.

Smartphone Xiaomi yang dimaksud adalah Mi 2, Mi 2s, Mi 4i, Redmi Note 4G, Redmi 2, Redmi 2 Prime, dan Mi Note. Dengan demikian, enam seri Xiaomi ini tidak akan mendapat update lagi selamanya mulai tanggal 17 November 2018.

"Setelah tanggal 17 November 2018, smartphone lama tersebut tidak akan menerima closed beta (rilis terbatas) maupun versi public beta (rilis umum)," tulis Xiaomi dalam sebuah postingan di forum MIUI.

Xiaomi mengakui bahwa keputusan ini cukup berat diambil oleh perusahaan.

"Kami telah membuat keputusan berat yakni menghentikan pembaruan enam perangkat setelah diskusi yang berlangsung lama dan evaluasi mengenai waktu perilisan perangkat, pengguna aktif, performa hardware dan lain-lain," jelas Xiaomi dalam forum tersebut.

Vendor asal China tersebut menambahkan bagi pengguna produk di atas yang telah melakukan flash ke Global Beta ROM akan diberikan pedoman untuk melakukan flash ke MIUI 9 Global Stable ROM yang akan menjadi update terakhir.

Baca juga : Daftar 35 Ponsel Android Xiaomi yang Kebagian MIUI 9

Xiaomi juga menjelaskan perilisan MIUI 9 Global Stable ROM untuk enam perangkat di atas dan Redmi 1s akan dilakukan secara bertahap dari Desember 2017 hingga Januari 2018.

Peluncuran pembaruan itu akan tersedia sebagai rilis OTA (on the air), seperti dirangkum KompasTekno dari Times Now News, Selasa (28/11/2017).

Selama ini, Xiaomi terkenal sebagai pabrikan yang rajin mengeluarkan pembaruan sistem, tetapi selalu lambat update ke versi Android baru.

MIUI 9 merupakan piranti lunak dan antarmuka untuk ponsel Xiaomi yang memiliki beberapa fitur unggulan seperti split-screen, smart assistant yang bekerja seperti google assistant, smart app launcher dan search image menggunakan kata kunci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com