Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Google Bertanya, Seperti Inikah Ponsel YouTube Idaman Anda?

Kompas.com - 29/11/2017, 10:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Jika ada ponsel khusus diciptakan untuk menonton YouTube, akankah Anda membelinya? Untuk mengetahui hal tersebut, Google mengirimkan survei ke sejumlah pengguna ponsel untuk dimintai pendapat soal smartphone YouTube yang diidamkan.

Melalui jajak pendapat yang disebarkan melalui badan survei asal Inggris, Survey Bods, Google memaparkan fitur dan spesifikasi hardware yang bakal digunakan untuk smartphone khusus YouTube tersebut.

Salah satu fitur yang mungkin ada dalam perangkat ini adalah "You Twist" yang akan menampilkan daftar video dari YouTube yang ingin Anda tonton. Fiutr ini aktif saat ponsel diputar jadi format landscape.

Google juga disebut bakal menambahkan tombol "You Capture". Tombol ini memberi pengguna akses cepat ke aplikasi YouTube dan untuk merekam video.

Pengguna juga akan dapat membuat sesuatu yang mirip dengan Instagram Story yang disebut "Creator Connect" yang muncul di bagian atas homescreen. Thumbnail video juga akan muncul di layar lockscreen yang memungkinkan pengguna mengetuknya untuk langsung terhubung ke daftar video YouTube.

Menurut survei, ponsel YouTube Edition tersebut (yang bisa saja dinamai YouTube Edition by Android One, YouTube Edition by LG, atau YouTube Edition by Samsung) akan memiliki layar 6,01 inci dengan rasio aspek 18:9 dan resolusi 1080 x 2160.

Ponsel tersebut akan dibekali prosesor 2,2 GHz dengan RAM 4 GB dan ROM 32 GB/64 GB, serta baterai 3700 mAh, dan kamera ganda di bagian belakang dengan sensor 12 MP dan 5 MP, serta kamera depan 8 MP.

Pilihan warna yang akan hadir antara lain hitam, putih, dan merah, seperti dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Rabu (29/11/2017).

Sebagai pelengkap, ponsel YouTube itu akan dilengkapi speaker stereo dan pemindai sidik jari, Menurut kabar, ponsel akan dijual di kisaran 360 dolar AS sampai 400 dolar AS (Rp 4,9 juta sampai Rp 5,4 juta).

Namun perlu diingat. Munculnya survei ini bukan berarti ponsel tersebut pasti dirilis. Meski demikian, keberadaan survei ini mengindikasikan konsep ponsel YouTube tengah dibahas di markas Google, Mountain View.

Baca juga : Punya 1 Juta Subscriber, Berapa Pendapatan YouTuber Bayu Skak?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke