Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor “Ekstrem” Intel Core i9 Juga Hadir di Laptop?

Kompas.com - 29/11/2017, 14:38 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Intel telah memperkenalkan jajaran prosesor kelas atas seri Core i9 dengan arsitektur Coffee Lake, untuk komputer desktop. Belakangan, sebuah bocoran memperlihatkan bahwa prosesor ekstrem bertenaga besar itu juga akan hadir untuk laptop.

Hal tersebut diketahui dari software diagnostik dan benchmark sistem Aida64. Dalam nota rilis versi beta terkini, Aida64 mencantumkan nama sejumlah prosesor Intel yang belum resmi dirilis.

Salah satunya adalah Core i9-8950HK untuk laptop yang memiliki 6 core and 12 thread, TDP 45 watt, dan cache level-3 sebesar 12 MB. Untuk diketahui, prosesor laptop biasanya mentok di jumlah 4 core CPU saja. Karena itu jumlah 6 core bisa disebut ekstrem untuk saat ini.

Core i9-8950HK yang termasuk dalam seri prosesor Intel Core i9-8000H ini sekaligus menjadi chip Core i9 berarsitektur Coffe Lake pertama untuk laptop.

Di desktop, chip Coffee Lake dengan jumlah core dan thread yang sama sebenarnya dikategorikan dalam kelas Core i7. Namun, untuk laptop, Core i9-8950HK mendapat sebutan “i9” karena masuk di jajaran kelas atas.

Nota rilis Aida64 beta yang membocorkan keberadaan sejumlah prosesor baru dari Intel, termasuk chip kelas atas Core i9 untuk laptop.wccftech.com Nota rilis Aida64 beta yang membocorkan keberadaan sejumlah prosesor baru dari Intel, termasuk chip kelas atas Core i9 untuk laptop.

Core i9-8950HK kemungkinan bakal digunakan di laptop yang membutuhkan tenaga besar, seperti laptop untuk kebutuhan gaming atau workstation.

Selain Core i9-8950HK, nota rilis Aida64 turut membocorkan keberadaan sejumlah prosesor laptop lain yang sama-sama menggunakan arsitektur Coffee Lake, yakni Core i3-8300H, Core i5-8400H, Core i7-8750H, dan Core i7-8850H.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Rabu (29/11/2017), nota rilis Aida64 juga menuliskan nama-nama prosesor Intel Core i3 dan Core i5 dari generasi ke-9 yang belum diumumkan.

Nomor model prosesor-prosesor ini diawali dengan angka “9”. Belum ada informasi lain yang diketahui tentang keluarga chip Intel Core generasi ke-9 di samping namanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber TechSpot
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.