Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HDMI 2.1 Resmi, Dukung Video 10K dan Dynamic HDR

Kompas.com - 30/11/2017, 08:39 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - HDMI Forum, organisasi yang menetapkan standar untuk kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface, kabel penghantar sinyal video dan audio ke perangkat output) pekan ini merilis standar HDMI 2.1 terbaru.

Standar HDMI 2.1 sebenarnya telah diumumkan di ajang CES 2017 pada awal tahun, namun sekarang telah difinalisasi dan siap diterapkan oleh para pabrikan di perangkat audio visual masing-masing.

Dengan bandwidth mencapai 48 Gbps, HDMI 2.1 menambahkan dukungan video dengan resolusi sangat tinggi, mencapai 10K, berikut dengan support video 4K dengan refresh rate 120 Hz dan video 8K dengan refresh rate 60 Hz.

Konektor HDMI banyak digunakan di perangkat audio visual modern, mulai dari media player, TV, komputer, hingga konsol game.Wikipedia Konektor HDMI banyak digunakan di perangkat audio visual modern, mulai dari media player, TV, komputer, hingga konsol game.
Konten video 10K sendiri belum tersedia sekarang. Sementara baru segelintir perangkat seperti kamera yang mendukung perekaman format 8K. Format 10K kemungkinan ditujukan untuk keperluan komersil dan specialty, alih-alih konsumen umum.

Ada juga dukungan Dynamic HDR, serta sejumlah fitur yang berguna untuk gamer seperti Variable Refresh Rate (VRR), Quick Frame Transport (QFT), dan Quick Media Switching (QMS).

VRR dan QFT bisa mengurangi lag, frame tearing, dan stutttering sehingga game bisa berjalan lebih mulus di perangkat output (misalnya monitor atau TV).

Sementara QMS meminimalisir waktu layar kosong (blank screen) sebelum konten mulai ditampilkan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (30/11/2017).

Standar HDMI 2.1 kompatibel dengan semua spesifikasi HDMI sebelumnya sehingga perangkat HDMI baru tetap bisa digunakan dengan perangkat HDMI lama, hanya saja mungkin ada beberapa fitur baru yang tak bisa berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com