Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Google Bakal Pakai Engsel Bermotor, Bisa Membuka Sendiri

Kompas.com - 30/11/2017, 12:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Selama ini engsel laptop memiliki fungsi yang tak banyak berubah. Pengguna selalu membuka layar secara manual dengan tangan lalu menyalakan laptop.

Bagaimana kalau engsel laptop ditambahi motor agar bisa membuka sendiri? Itulah yang dideskripsikan oleh Google dalam sebuah dokumen paten yang diajukannya ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Paten tersebut menjelaskan bahwa layar laptop Google bisa terbuka secara otomatis dengan bantuan motor. Pengguna cukup mengetuk bagian punggung layar ketika laptop dalam keadaan tertutup.

Kemampuan membuka layar secara otomatis mungkin dimaksudkan agar kalangan pengguna tertentu, misalnya penyandang disabilitas, bisa lebih mudah menggunakan laptop.

Bukan hanya membuka layar sendiri, laptop Google dalam paten berjudul “Notebook Computer with Motorized Display Positioning” itu pun dibekali serangkaian sensor yang bisa mendeteksi jarak dan posisi wajah pengguna.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (30/11/2017), dengan bantuan motor di engselnya, sang laptop pun bisa meyesuaikan sudut bukaan layar lagar senantiasa optimal untuk pandangan pengguna.

Ketika laptop mendeteksi pengguna sedang tak berada di depannya, layar akan menutup sendiri secara otomatis supaya tak dipakai oleh orang lain.

Sayang, meski mungkin terdengar menarik, sejauh ini sang laptop masih berupa sekadar paten yang sudah diajukan oleh Google sejak Oktober 2013 lalu.

Belum bisa dipastikan apakah konsepnya benar-benar akan mewujud dalam bentuk produk laptop Google Chromebook atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com