Vendor China Gantikan Samsung Pasok Layar iPhone?

Kompas.com - 30/11/2017, 16:03 WIB
Kemasan penjualan iPhone X Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comKemasan penjualan iPhone X
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple tampaknya tak akan bergantung lagi pada layar OLED buatan Samsung. Pasalnya, pabrikan layar terbesar asal China, BOE melayangkan tawaran menggiurkan pada Apple, terkait produksi layar berkualitas tinggi itu.

BOE menawarkan akan membangun dua jalur produksi OLED berskala besar untuk digunakan secara eksklusif oleh Apple. Kabar ini beredar setelah BOE melakukan kunjungan ke kantor Apple untuk berbagi rencana bisnis, pekan lalu.

Guna merealisasikan hal tersebut, BOE dikabarkan bakal menaruh investasi sebesar 7,04 miliar dollar AS (Rp 94 triliun) untuk membangun fasilitas produksi di provinsi Sichuan, China. Perusahaan tersebut bahkan diyakini telah mulai memesan peralatan untuk membangun fasilitas produksi pada Juni 2018 mendatang.

Menurut kabar yang dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Kamis (30/11/2017), fasilitas produksi layar OLED kedua juga bakal dibangun di kota Chongqing dalam waktu dekat.

Salah satu layar OLED besutan BOEBOE Salah satu layar OLED besutan BOE

Dengan kedua jalur produksi tersebut, BOE bakal memproduksi dua jenis layar OLED, yakni layar OLED fleksibel dan yang dapat dilipat, dengan komposisi yang berbeda-beda untuk masing-masing fasilitas perakitan.

Sebelumnya, Apple bergantung kepada Samsung sebagai pemasok layar OLED, hingga tahun 2019. Layar OLED Samsung ini juga telah digunakan di iPhone X. Selain itu, Apple juga dikabarkan ingin menggandeng LG untuk memproduksi layar iPhone yang dapat dilipat pada 2020.

Belum diketahui apakah BOE yang mengajukan penawaran lebih dahulu, atau Apple yang meminta BOE memberikan penawaran. Yang jelas, jika ingin menjadi pemasok komponen Apple, BOE harus memenuhi standar produksi terlebih dahulu.

Apalagi mengingat saingan BOE adalah dua raksasa teknologi yang lebih dulu berkecimpung di ranah elektronik, khususnya smartphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.