Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpindah Antar-aplikasi di Windows 10 Bakal Makin Mudah

Kompas.com - 02/12/2017, 16:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Berbeda dari browser yang bisa membuka berbagai situs secara bersamaan di banyak tab, aplikasi Windows hanya dapat berjalan sendiri di jendela masing-masing.

Tapi batasan tersebut agaknya bakal berubah di masa depan. Microsoft kini tengah menguji coba kemampuan menambah tab di aplikasi Windows 10.

Fitur yang dinamakan “Sets” itu nantinya bakal memungkinkan pengguna membuka bermacam jenis aplikasi di tab terpisah dalam sebuah jendela yang sama.

Dalam sebuah video demonstrasi, Microsoft mencontohkan seorang pelajar yang mesti mengerjakan tugas makalah tentang gunung berapi.

Langkah awal dimulai dengan membuka aplikasi pengolah kata Micosoft Word untuk mengetik. Dari sana, ia bisa membuka tab baru dalam jendela Word. Di tab baru ini terdapat pilihan untuk membuk aplikasi lain seperti OneNote dan PowerPoint.

Ketiga aplikasi tadi, Word, OneNote, dan PowerPoint pun kini berjalan dalam jendela yang sama dan sang pelajar bisa berpindah-pindah aplikasi hanya dengan meng-klik tab aplikasi terkait di deretan atas jendela, seperti berpindah situs dalam tab browser saja.

Tak perlu lagi pusing mengganti window aktif untuk membuka aplikasi tujuan seperti yang dilakukan oleh pengguna Windows selama ini.

Layaknya browser yang menyimpan tab aktif pula, Word bakal mengingat aplikasi lain mana yang ikut dibuka oleh pengguna ketika mengerjakan sebuah proyek Word.

Tab berisi aplikasi-aplikasi lain ini lalu bisa langsung dibuka kembali, berikut dengan konten yang terakhir dilihat ala “restore browsing session” di peramban internet.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (2/12/2017), saat ini Sets baru berlaku untuk program berbasis Universal Windows Apps seperti beberapa aplikasi Office tadi.

Namun, Microsoft berencana menambah fitur Sets ke aplikasi standar Windows 10 seperti Notepad, File Explorer, bahkan juga Adobe Photoshop.

Sets rencananya akan mulai diuji coba dengan melibatkan para Windows 10 testers dalam beberapa minggu ke depan. Belum diketahui kapan fitur tersebut akan resmi hadir untuk pengguna Windows 10 secara umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com