2021, Populasi Phablet Kalahkan Smartphone?

Kompas.com - 05/12/2017, 12:24 WIB
Phablet dan tablet dipajang di salah satu sudut SES Deliusno/Kompas.comPhablet dan tablet dipajang di salah satu sudut SES
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Phone tablet atau kerap disingkat phablet, yakni smartphone dengan ukuran layar antara 5,5 hingga 7 inci, bakal tumbuh pesat dan mengalahkan smartphone layar kecil. Setidaknya begitu ramalan firma penelitian IDC.

Secara keseluruhan, peredaran smartphone bakal bertumbuh, dari 1,5 miliar unit pada 2017 menjadi 1,7 miliar unit pada 2021 mendatang. Angka itu mencatat peningkatan sekitar 3 persen.

Lantas lebih spesifik untuk phablet, pertumbuhannya dipatok lumayan signifikan yakni dari 611 juta unit menjadi 1 miliar unit per 2021 nanti. Smartphone berlayar kecil sendiri diprediksi akan menciut populasinya, menjadi hanya 7,4 persen sekitar empat tahun mendatang.

Dalam hal ini, Android digadang-gadang menjadi penopang tren phablet. Terbukti, Samsung kini mendominasi kategori phablet dengan lini Galaxy Note, dibandingkan pabrikan-pabrikan lainnya.

Baca juga : 5 Vendor Smartphone Paling Laris

Sementara itu, China menjadi negara dengan pengguna phablet terbanyak dan diramalkan akan tetap seperti itu di tahun-tahun mendatang. China meraup 50 persen dari peredaran phablet yang beredar sepanjang 2016, yakni sebanyak 437,4 juta unit.

“Pada 2012 lalu, phablet hanya menyumbang 1 persen atas penjualan smartphone secara keseluruhan. Sekarang hampir 50 persen dari smartphone yang beredar berjenis phablet,” kata Program Vice President IDC, Ryan Reith.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Transisi ke bezel-less berkontribusi terhadap tren layar besar dengan ukuran bodi smartphone tetap mungil. Masyarakat pun semakin membutuhkan hiburan video, game, dan penjajalan media sosial yang menuntut tampilan layar jumbo,” ia menambahkan.

Apple turut mengambil langkah masif atas tren phablet. IDC menilai seri phablet iPhone Plus dan X akan berkontribusi pada 41 persen penjualan perangkat mobile Apple sepanjang 2017. Sementara tahun depan persentasenya bisa meningkat menjadi 50 persen atau lebih.



Sumber IDC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.