Markas Baru Microsoft Bakal Seluas 180 Lapangan Bola

Kompas.com - 05/12/2017, 17:17 WIB
Kantor/pabrik Microsoft. IstKantor/pabrik Microsoft.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Markas besar Microsoft di Redmond, Washington rencananya akan di 'upgrade'. Dengan anggaran miliaran dollar AS, mereka berencana menambah luas kantor Microsoft demi menampung 8.000 pekerja lagi.

Perusahaan teknologi yang didirikan Bill Gates pada 1975 itu ingin menciptakan area kolaborasi dan rekreasi sebagai usaha menghadapi pertumbuhan pekerja-pekerja baru dan tren kantor terbuka.

Rencananya, dalam 5 hingga 7 tahun ke depan, sebanyak 12 bangunan rendah akan dirobohkan dan diganti dengan 18 gedung baru yang mayoritas lebih besar. Sehingga diperkirakan, luas area kantor Microsoft setara dengan 180 kali lapangan bola pada umumnya.

Di bawah kepemimpinan CEO Setya Nadella, Microsoft mencoba membangkitkan budaya kerja yang lebih terbuka. Ia ingin budaya kerja di Microsoft mendukung lingkungan kolaboratif dan lebih sedikit karyawan yang bekerja di ruangan tertutup.

Baca juga : Kisah Monica, Arek Suroboyo di Markas Microsoft

"Kami fokus pada transformasi budaya di perusahaan. Kami ingin menciptakan ruang kerja yang mendukung budaya yang kita bangun," jelas Presiden dan Kepala Legal Microsoft, Brad Smith seperti dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (5/12/2017).

Saat ini, sebanyak 47.000 orang tercatat bekerja di kantor Microsoft di Washington. Smith menambahkan jika ruang kerja terbuka bakal mendorong orang untuk lebih kreatif, bekerja dan belajar satu sama lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proyek ini akan membuat 2.500 pekerjaan konstruksi dan pengembangan baru. 'Fitur' baru markas Microsoft nanti juga akan menyediakan area publik yang bisa menampung 8.000-12.000 orang di plaza dan area terbuka, termasuk jalur untuk kegiatan jalan kaki dan lari, fasilitas olahraga dan area hijau.

Nantinya, gedung-gedung di kantor Microsoft akan saling berdekatan dan area parkir yang saat ini menjadi pembatas antar gedung akan dipindah di lantai paling bawah gedung (underground).

Baca juga : Bill Gates Ternyata Larang Anaknya Memiliki Ponsel

Secara umum, desain baru kantor Microsoft akan lebih memanjakan pejalan kaki dan akan merombak area gedung berbentuk huruf X yang ikonik. Sebab, bangunan berbentuk X tersebut membingungkan para pekerja Microsoft.

Mereka sering berkelakar bahwa menemukan gedung X tersebut merupakan bagian dari tes intelejensi untuk membuktikan, apakah mereka layak bekerja di Microsoft atau tidak.

Meskipun dipugar besar-besaran, Danau Bill akan tetap dipertahankan di tengah-tengah pusat kantor lama Microsoft. Hal itu sebagai penghormatan kepada pendiri Microsoft, Bill Gates.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.