Ini 10 Momen Paling #RamediTwitter Sepanjang 2017

Kompas.com - 06/12/2017, 12:28 WIB
Country Head Twitter Indonesia, Novita Jong (kiri) mengungkap topik-topik yang ramai dibahas pengguna Twitter di Indonesia selama tahun 2017, Rabu (6/12/2017) di Jakarta. Fatimah Kartini/Kompas.comCountry Head Twitter Indonesia, Novita Jong (kiri) mengungkap topik-topik yang ramai dibahas pengguna Twitter di Indonesia selama tahun 2017, Rabu (6/12/2017) di Jakarta.
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akhir 2017, Twitter kembali mengungkap topik-topik yang ramai dibahas selama setahun. Menurut Country Head Twitter Indonesia, Novita Jong, ada peningkatan keberagaman topik di linimasa platform berlogo burung.

"Pengguna yang berbeda tentu punya interest yang berbeda dan semuanya terakomodir di Twitter," kata dia, Rabu (5/12/2017), dalam sebuah konferensi pers di Jakarta.

Selengkapnya, berikut sepuluh topik yang #RamediTwitter sepanjang 2017.

Pertama, "Ramadan" menjadi momen yang paling ramai dibahas di Twitter lewat beberapa tagar seperti #Ramadan, #Puasa, #Sahur, #Ngabuburit, dan lainnya. Tak kurang dari 118 juta kicauan membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan bulan suci tersebut.

Kedua, pengguna Twitter paling gencar membahas "Pilkada Serentak 2017" yang dilaksanakan pada 15 Februari lalu. Menurut Novita, ini merupakan esensi dari perayaan demokrasi.

Selama masa Pilkada 2017, para kandidat pun memanfaatkan Twitter untuk menyuarakan visi dan mensosialisasikan program-program yang dicanangkan. Sekitar 11,2 juta kicauan terhimpun dari 1 Januari 2017, di mana satu juta kicauan sendiri dilontarkan pada hari pemilihan 15 Februari 2017.

Ketiga, "HUT RI ke-72" dikicaukan lebih dari 1,1 juta kali dari seluruh penjuru Indonesia. Para pengguna Twitter menyampaikan kritik, harapan, doa, dan rasa bangga atas Indonesia yang sudah merdeka selama 72 tahun.

Keempat, "Pilkada DKI" digadang-gadang sebagai salah satu topik paling hangat dan seru di kancah perpolitikan Tanah Air. Beberapa tagar paling populer menyangkut topik ini adalah #PilkadaDKI, #DKI1, #PilgubDKI, #DebatPilkadaDKI.

Baca juga : Twitter: Ada Bot di Balik Tagar Pilkada DKI 2017

Kelima, "Konser Bangtan Boys (BTS) di Jakarta" juga menjadi topik yang mendominasi linimasa Twitter Indonesia. Ini membuktikan bahwa topik musik dan seni pun tak kalah pamor.

BTS sendiri relatif banyak digemari para millenial. Novita sesumbar pengguna millenial memang aktif berkicau di Twitter, meski ia tak mengumbar jumlah pastinya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X