Dari Ahok hingga Rich Chigga, Ini Daftar Tokoh Populer di Twitter Indonesia

Kompas.com - 06/12/2017, 14:48 WIB
Kiri-kanan: Musisi Addie MS (@addiems); Country Head Twitter Indonesia Novita Jong; admin akun @infosuporter, Arista; admin akun @CeritaTranspOL, Yusman Firmansyah, Rabu (6/12/2017), dalam konferensi pers #RamediTwitter 2017, di Jakarta. Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.comKiri-kanan: Musisi Addie MS (@addiems); Country Head Twitter Indonesia Novita Jong; admin akun @infosuporter, Arista; admin akun @CeritaTranspOL, Yusman Firmansyah, Rabu (6/12/2017), dalam konferensi pers #RamediTwitter 2017, di Jakarta.
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com — Lebih dari 300 juta orang menggunakan Twitter di seluruh dunia. Indonesia sendiri termasuk lima besar negara dengan basis pengguna Twitter terbanyak meski jumlah pastinya tak diungkap.

Di antara sekian pengguna yang aktif berkicau di mikroblog berlogo burung, ada segelintir nama yang diatribusikan sebagai "pengguna populer" di Indonesia. Twitter pun mengungkap nama-nama tersebut menjelang akhir 2017.

Secara keseluruhan, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (@basuki_BTP) menempati urutan pertama sebagai pengguna Twitter yang paling banyak diperbincangkan sepanjang 2017.

Tanda pagar (tagar) yang menghimpun diskusi soal Ahok pun banyak digunakan, misalnya saja #FreeAhok, #BebaskanAhok, #KamiBersamaAhok, dan #PilkadaDKI.

Selain Ahok, nama politisi lain masuk dalam "10 besar pengguna Twitter Indonesia yang Paling Banyak Dibicarakan. Masing-masing adalah Presiden RI Joko Widodo (@Jokowi), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (@aniesbaswedan), Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (@fahrihamzah), politikus PSI Guntur Romli (@gunromli), dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (@sandiuno).

Baca juga : Temuan Mengejutkan Keramaian Twitter di Debat Kedua Cagub DKI

"Secara global maupun di Indonesia, hal-hal tentang politisi memang paling ramai dibicarakan", kata Country Head Twitter Indonesia Novita Jong dalam konferensi pers "#RamediTwitter 2017", di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Menurut dia, sifat Twitter yang real-time menjadikan platform tersebut sebagai sumber berita bagi masyarakat tentang apa saja termasuk politik dan para politisinya.

Kendati begitu, ada pula beberapa pengguna nonpolitisi yang ramai diperbincangkan di Twitter, misalnya lembaga hukum Divisi Humas Polri (@divhumaspolri), personel girl band JKT48, Melody Nurramdhani (@melodyJKT48), selebritas Rafly Heriawan (@DA3_Rafly), serta pemain sinetron dan film Prilly Latuconsina (@prillybie).

Baca juga: Ini 10 Momen Paling #RamediTwitter Sepanjang 2017

Lebih lanjut, berikut pengguna terpopuler di Twitter Indonesia selama setahun, ditilik dari kategori bidangnya.

Musik:
1. Rich Chigga (@richchigga)
2. Melody JKT48 (@melodyJKT48)
3. Agnes Monica (@agnezmo)
4. Shani JKT48 (@N_ShaniJKT48)
5. Addie MS (@addiems)
6. Ridho DA2 (@DA2_Ridho)
7. Jessica Veranda (@jcvrnd19)
8. Rizki DA2 (@DA2_Rizki)
9. Ayu Tingting (@aytingnew92)
10. Rosa (@mynameisrosa)

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X