Ini Dia, Laptop Pertama yang Menggunakan Prosesor Ponsel

Kompas.com - 06/12/2017, 15:46 WIB
Qualcomm meresmikan kehadiran Always Conneted PC dalam ajang Qualcomm Snapdragon Summit 2017 yang digelar di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Selas (5/12/2017) waktu setempat. Oik Yusuf/KOMPAS.comQualcomm meresmikan kehadiran Always Conneted PC dalam ajang Qualcomm Snapdragon Summit 2017 yang digelar di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Selas (5/12/2017) waktu setempat.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

MAUI, KOMPAS.com - Sempat dijanjikan kemunculannya sejak pertengahan 2017, produk laptop Windows 10 berbasis chip yang biasa dipakai di smartphone, yakni Snapdragon 835, akhirnya resmi diperkenalkan. 

Laptop yang masuk dalam kategori Always Connected PC ini dikenalkan di ajang Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Hawaii, Amerika Serikat, Selasa (5/12/2017) waktu setempat.

Dua pabrikan pertama yang meluncurkan laptop kategori Always Connected PC adalah Asus dan HP. Produk dari keduanya sudah selesai dibikin dan dipamerkan dalam acara.

Asus NovaGo

Asus masuk ke ranah Always Connected PC lewat laptop baru benama NovaGo. Karena menggunakan chip Snapdragon 835 yang biasa dipakai di smartphone, Asus NovaGo menawarkan daya tahan baterai yang diklaim bertahan lama.

“NovaGo menawarkan all day computing dalam arti sebenarnya. Laptop ini sanggup bertahan hingga lebih dari 20 jam ketika digunakan untuk playback video,” ujar CEO Asus Jerry Shen, ketika memperkenakan NovaGo di panggung acara.

Durasi standby NovaGo pun sangat lama untuk ukuran laptop, mencapai kisaran 30 hari. Sementara, dengan instant-on ala smartphone, laptop bisa langsung dibangunkan dari kondisi “tidur” dengan sangat cepat.

Asus NovaGo, kategori Always Connected PC yang ditenagai oleh chip Snapdragon 835.Oik Yusuf/KOMPAS.com Asus NovaGo, kategori Always Connected PC yang ditenagai oleh chip Snapdragon 835.
Selain itu, sesuai dengan nama “Always Connected PC” untuk kategori perangkat baru tersebut, Asus NovaGo juga sanggup terkoneksi ke jaringan 4G LTE berkecepatan tinggi sepanjang waktu lewat slot kartu SIM/e-SIM yang tertanam di bodi laptop. Lagi-lagi, kemampuan ini mirip dengan smartphone.

Perangkat Always Connected PC seperti Asus NovaGo memang dirancang untuk menggabungkan fitur-fitur dan konektivitas smartphone dengan aspek produktivitas Windwos 10. Soal OS ini, Asus NovaGo menjalankan OS Windows 10 S, dengan opsi upgrade ke Windows 10 Pro.

Asus NovaGo memiliki layar sentuh 13,3 inci dengan resolusi full-HD. Karena menganut form factor yang convertible, layar bisa dilipat 360 derajat sehingga membelakangi keyboard dan laptop bisa dipakai layaknya tablet PC. Bodi NovaGo memiliki ketebalan 14,9 mm, sementara bobotnya 1,3 kg.

Baca juga : Performa Snapdragon di Windows 10 Mengecewakan?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X