Melihat dari Dekat 2 Laptop Ber-chipset Snapdragon, Asus NovaGo dan HP Envy x2

Kompas.com - 06/12/2017, 18:01 WIB
HP memilih desain detachable untuk Envy X2 lantaran menilai rancangan tablet dengan cover keyboard yang bisa dilepas itu lebih disukai konsumen.
Oik Yusuf/KOMPAS.comHP memilih desain detachable untuk Envy X2 lantaran menilai rancangan tablet dengan cover keyboard yang bisa dilepas itu lebih disukai konsumen.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

MAUI, KOMPAS.com - Asus dan HP sama-sama memamerkan produk laptop Always Connected PC dalam ajang Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Selasa (5/12/2017).

Always Connected PC adalah ketegori perangkat komputer baru, yang menjalankan sistem operasi Windows 10 S dengan chip mobile Snapdragon. Chip buatan Qualcomm ini berarsitektur ARM, bukan x86 (chip Intel dan AMD) seperti laptop pada umumnya.

Dengan memakai chip Snapdragon yang biasa dipakai di smartphone, Qualcomm mengklaim laptop Always Connected PC bisa senantiasa terhubung ke internet (karena turut memiliki slot SIM card/e-SIM) dan baterainya bisa bertahan lama, hingga 20 jam.

Baca juga: Qualcomm Resmikan Always Conneted PC, Laptop Windows 10 seperti Smartphone

Nah, Asus mengedepankan NovaGo sebagai produk perdana di kategori Always Connected PC, sementara HP datang dengan Envy X2. Keduanya sama-sama ditenagai chip flagship Snapdragon 835, RAM hingga 8 GB, dan storage hingga 256 GB.

Saat diputar 360 derajat, layar Asus NovaGo jadi membelakangi keyboard. Perangkat ini pun seolah menjadi tablet berukuran besar.
Oik Yusuf/KOMPAS.com Saat diputar 360 derajat, layar Asus NovaGo jadi membelakangi keyboard. Perangkat ini pun seolah menjadi tablet berukuran besar.
Namun ada perbedaan penting dari keduanya dalam hal rancangan perangkat. Asus NovaGo lebih mirip laptop konvensional dengan layar sentuh yang bisa ditekuk 360 derajat, hingga membelakangi keyboard dan bisa dioperasikan layaknya tablet PC.

Sementara, HP Envy x2 memilih desain detachable, yakni tablet PC yang dilengkapi cover keyboard yang bisa dilepas. KompasTekno sempat menjajal HP Envy x2 dan Asus NovaGo langsung setelah dikenalkan di Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Maui, Hawaii.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Simak penampilan keduanya dalam rangkaian foto di tautan berikut ini!


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.