Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Layar Lipat Galaxy X Ditargetkan Meluncur 2018

Kompas.com - 07/12/2017, 07:24 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com- Kabar mengenai rencana Samsung merilis Galaxy X, ponsel yang layarnya dapat dilipat dan ditekuk bukanlah hal baru. Namun kali ini, kabar terbaru menyebutkan bahwa Galaxy X benar-benar akan dirilis pada 2018 mendatang.

Rumor itu didukung oleh pernyataan yang dilontarkan oelh pimpinan Samsung Mobile, Ko Dong-Jin pada September lalu. Saat itu, Dong-Jin menyebutkan bahwa pihaknya berencana meluncurkan Galaxy X pada 2018.

"Kami bertujuan untuk meluncurkan smartphone yang dapat dilipat tahun depan," ujar Dong-Jin seperti dikutip KompasTekno dari laman Bussiness Korea, Kamis (7/12/2017).

Meski telah mengumumkan rencananya, Dong-Jin tidak menyebutkan nama produknya. Namun berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, pernyataan Dong-Jin mengacu pada Galaxy X.

Sejumlah sumber dari kalangan industri menyatakan bahwa pabrik Samsung Display telah berhasil mengembangkan layar yang bisa dilipat dengan lengkungan 1.0R. Artinya, layar tersebut dapat dilipat ke dalam layaknya melipat kertas.

Baca juga : ZTE Rilis Android Lipat Axon M, Punya 4 Mode Layar

Mengenai materi layar, muncul bebagai macam pendapat. Sejauh ini, mayoritas mengatakan bahwa Samsung menggunakan material plastik untuk memproduksi layar itu. Sebelumnya, Perusahaan teknologi asal Negeri Ginseng itu disebutkan sudah memiliki sejumlah paten teknologi yang berkaitan dengan ponsel lipat.

Berebut Pasar Ponsel lipat

Samsung bukanlah satu satuya vendor smartphone yang melirik pasar ponsel lipat. Beberapa vendor lain seperti LG, Apple, dan Oppo dilaporkan tengah membuat ponsel serupa.

Meski demikian, Samsung disebutkan sebagai perusahaan pertama yang merilis ponsel lipat sebagai produk komersial. Dengan demikian, Samsung dapat menghambat saingannya, LG dan Apple menjadi yang pertama.

Saat ini, LG disebutkan tengah mengembangkan layar lipat dengan kelengkungan 2.5R dan akan siap tahun depan. Sedangkan untuk memperoleh kelengkungan yang sama dengan Samsung, LG baru dapat melakukannya pada 2019.

Sedangkan Apple berencana merilis ponsel berteknologi layar lipat tahun 2021. Meski terkesan lebih lambat, Apple dikabarkan akan menambahkan layar lipatnya dengan LED mikro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com