Arsitektur Snapdragon 845 Diungkap, Diklaim Lebih Kencang 30 Persen

Kompas.com - 07/12/2017, 08:03 WIB
Chipset mobile Qualcomm Snapdragon 845 Oik Yusuf/KOMPAS.comChipset mobile Qualcomm Snapdragon 845
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

MAUI, KOMPAS.com - Usai mengumumkan kehadiran chip terbaru, Snapdragon 845 dalam ajang Snapdragon Summit 2017 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Rabu (6/12/2017) lalu, Qualcomm memberikan informasi lebih detail mengenai chip mobile flagship-nya tersebut.

Snapdragon 845 memiliki 8 inti CPU (octa-core), terbagi dalam dua cluster yang masing-masing berisi 4 inti CPU. Cluster pertama terdiri dari 4 core CPU berkecepatan tinggi dengan arsitektur baru, Kryo 385. Frekuensi maksimalnya dipatok di angka 2,8 GHz.

Senior Director Product Management Qualcomm, Travis Lanier, mengklaim bahwa kecepatan CPU Kryo 385 di Snapdragon 845 bisa 30 persen lebih tinggi dibandingkan Kryo 280 yang dipakai di prosesor flagship sebelumnya, Snapdragon 835.

Sementara, empat core hemat daya di cluster kedua memiliki frekuensi hingga 1,8 GHz dan kinerjanya diklaim 15 persen lebih tinggi dibandingkan core sejenis di chip terdahulu.

Baca juga : Qualcomm Resmikan Chip Mobile Snapdragon 845

“Selain itu, untuk pertama kalinya kami juga menambahkan cache level 3 untuk meminimalisir latensi, sehingga menghemat daya, di samping meningkatkan kinerja lebih tinggi lagi,” ujar Lanier ketika memberi penjelasan tentang aspek performa Snapdragon 845 di panggung acara.

Desain arsitektur Snapdragon 845 dengan 8 inti CPU Kryo 385 dan cache level 3 baru.Oik Yusuf/KOMPAS.com Desain arsitektur Snapdragon 845 dengan 8 inti CPU Kryo 385 dan cache level 3 baru.
Selain itu, masih dari segi kinerja, Qualcomm turut membekali Snapdragon 845 dengan pengolah grafis (GPU) Adreno 630 yang diklaim 30 persen lebih kencang dibandingkan generasi sebelumnya, tapi juga memiliki konsumsi daya yang 30 persen lebih rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Snapdragon 845 bakal digunakan oleh model-model smartphone flagship keluaran 2018. Qualcomm memperkirakan ponsel kelas atas yang memakai chip ini bakal mulai dikapalkan pada semester I 2018.

Salah satu pabrikan yang sudah memastikan bakal menggunakan chip Snapdragon 845 di produknya adalah Xiaomi dengan Mi 7.

Baca juga : Xiaomi Mi 7 Dipastikan Pakai Snapdragon 845, Andalkan AI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.