100 Emoji Baru Disiapkan untuk Android dan iOS, 3 Simbol Dibatalkan

Kompas.com - 07/12/2017, 15:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pengguna Android dan iOS bakal mendapat update emoji di tahun 2018. Baru-baru ini, sejumlah emoji baru diperkenalkan oleh Unicode Concortioum di laman resminya.

Unicode telah menyiapkan sekitar 100 buah emoji baru yang dapat digunakan tahun depan. Namun, jumlah ini belum final mengingat emoji ini belum mendapat persetujuan.

Daftar akhir dari emoji yang akan dirilis akan terlebih dahulu dibahas dalam acar Unicode yang diselenggarakan di Januari tahun depan. Setelah menemukan kesepakatan, daftar emoji dapat didistribusikan pada semester kedua 2018.

Namun sebelum dibahas, Unicode telah mengeleminasi tiga buah emoji. Emoji yang dibatalkan itu, antara lain wajah menyeringai dengan tulisan OK sebagai mata, tumpukan kotoran manusia dengan ekspresi wajah sedih, dan wajah engan karakter tanda-tanya sebagai mata.

Tidak ada penjelasan alasan di balik pembatalan penggunaan tiga emoji tersebut, seperti dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Kamis (7/12/2017).

Emoji baru yang dibatalkan penggunaannya sebelum diajukan ke Android dan iOS.PhoneArena Emoji baru yang dibatalkan penggunaannya sebelum diajukan ke Android dan iOS.

Dari set emoji yang dikeluarkan Unicode, mungkin tidak semuanya bakal didistribusikan ke iOS dan Android. Keputusan akhir tetap berada di Google dan Apple sebagai pemilik platform.

Unicode juga memperkenalkan fitur baru yang mendukung simbol tersebut dapat digunakan secara bolak-balik. Artinya, pengguna dapat memutar emojinya ke kiri dan ke kanan sehingga pesan gambar yang dikirim bisa lebih variatif.

Unicode Concortium merupakan organisasi nirlaba yang telah lama membantu mengembangkan serta mempromosikan simbol ini di semua sistem operasi. Termasuk pada perangkat iOS dan Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.