Smartphone Android Bisa Samai iPhone X Berkat Snapdragon 845

Kompas.com - 08/12/2017, 09:35 WIB
Executive Vice President Qualcomm, Cristiano Amon, di acara Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Rabu (6/12/2017). Oik Yusuf/KOMPAS.comExecutive Vice President Qualcomm, Cristiano Amon, di acara Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Rabu (6/12/2017).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

HAWAII, KOMPAS.com - Dari sekian banyak peningkatan dan fitur baru yang disematkan Qualcomm di chip mobile Snapdragon 845, salah satunya adalah kemampuan 3D facial recognition alias pengenalan wajah secara tiga dimensi ala Apple Face ID.

Bersama dengan kehadiran chip anyar dari Qualcomm tersebut, para pabrikan Android pun nanti bakal memiliki opsi untuk menerapkan fitur biometrik seperti kepunyaan iPhone X itu. (Baca juga : Apple Jelaskan Cara Kerja Face ID iPhone X)

“Ya, Anda akan melihat pabrikan-pabrikan Android menerapkan teknologi biometrik ini di produk mereka, termasuk pengenalan wajah tiga dimensi,” ujar Executive Vice President Qualcomm, Cristiano Amon, menjawab pertanyaan KompasTekno di sela acara Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Rabu (6/12/2017) waktu setempat.

Kendati demikian, Amon mengingatkan bahwa ada tidaknya fitur pengenal wajah ala iPhone X ini di ponsel Android tergantung pada pabrikan perangkat yang bersangkutan, apakah ingin menerapkan atau tidak.

Fitur 3D Facial Recognition agaknya juga akan memerlukan hardware khusus berupa kamera depth sensing dan proyektor titik inframerah seperti yang digunakan di iPhone X.

Snapdragon 845 juga mendukung bentuk-bentuk biometrik lain di luar 3D Facial Recognition.

“Anda juga bisa menggunakan pemindai sidik jari, misalnya diletakkan di balik layar, dan pemindai iris mata. Semua  opsi biometrik itu tersedia untuk para rekanan hardware,” lanjut Amon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dibandingkan dengan teknologi Face ID iPhone X yang menggunakan 30.000 titik proyeksi inframerah untuk memetakan wajah, teknologi sejenis dari Qualcomm mungkin bakal akurat karena mendukung hingga 50.000 titik.

Selain Qualcomm, Huawei juga mengembangkan teknologi serupa yang bahkan lebih ambisius karena menggunakan 300.000 titik infra merah untuk mengenali wajah, atau 10 kali lebih banyak dibandingkan iPhone X.

Snapdragon 845 sendiri baru akan mulai hadir di ponsel flagship pada awal tahun 2018. Salah satu pabrikan yang sudah memastikan bakal memakai chip ini di ponselnya adalah Xiaomi dengan smartphone Mi 7. (Baca juga : Xiaomi Mi 7 Dipastikan Pakai Snapdragon 845, Andalkan AI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.