Instagram Stories Kini Bisa Tahan Lebih dari 24 Jam

Kompas.com - 08/12/2017, 19:12 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Instagram kembali meniru fitur Snapchat. Kali ini, fitur Memories milik Snapchat yang dirilis tahun lalu diadopsi oleh Instagram. Versi Instagram, fitur Memories milik Snapchat diberi nama Archive dan Highlights (Arsip dan Sorot).

Kedua fitur ini diluncurkan secara global pada Rabu (6/12/2017) lalu. Fitur Archive dan Highlights memungkinkan Stories bertahan lebih dari 24 jam, yakni dengan cara mengarsipkannya di Profile.

Pemberitahuan fitur baru ini sudah tersedia bagi semua pengguna Instagram ketika Stories diunggah.

Fitur Arsip

Pilihan Arsip ada di menu 'lainnya' yang berada di pojok kanan bawah. Kualitas Foto atau video yang diarsipkan akan sama dengan yang diunggah. Stories yang diarsipkan juga menampilkan tanggal Stories diunggah.

Baca juga: Bikin Instagram Stories Kini Tak Perlu Pakai Aplikasi

Hasil pengarsipan bisa diunggah lagi ke fitur Highlights (Sorot), pesan langsung (DM), feed Instagram pengguna, atau mengunduhnya lagi kemudian diposting ulang di Stories. Hasil arsipan Stories bisa dilihat di menu bergambar jam yang terletak di pojok kanan atas.

Instagram tahu kebutuhan kapasitas penyimpanan di ponsel penggunanya. Sebelum fitur ini muncul, kebanyakan pengguna Instagram mengunduh Stories mereka, sehingga mengurangi kapasitas penyimpanan di ponsel. Dengan menyimpan Stories di profil, maka ruang penyimpanan internal ponsel bisa sedikit lega.

Fitur Sorot 

Sedangkat fitur Highlights (Sorot) bisa digunakan dengan meng-klik simbol menu Highlights bergambar hati di dalam lingkaran yang berada di bawah, tepat ditengah-tengah menu 'bagikan' dan 'lainnya'.

Untuk membuat Highlights-Stories baru, pengguna cukup memberi nama Stories yang dipilih untuk disorot. Tinggal pilih gambar mana yang ingin digunakan sebagai sampul Highlights-Stories. Hasil Highlights akan muncul di bagian atas profil pengguna.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.