Kompas.com - 09/12/2017, 14:11 WIB
Emoji yang arahnya bisa dibalik yang akan rilis 2018. EmojipediaEmoji yang arahnya bisa dibalik yang akan rilis 2018.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Perusahaan komputasi teks dan simbol untuk sistem pengetikan, Unicode mengumumkan versi beta emoji yang akan dirilis 2018 nanti. Bukan hanya emoji-emoji baru, Unicode pun mengumumkan fitur yang memungkinkan emoji bisa dibalik ke arah berlawanan.

Membalik emoji ke arah berlawanan sebenarnya sudah lama diminta banyak pengguna, namun tentu saja tidak semua emoji bisa mendapatkan fitur bolak-balik.

Hanya beberapa emoji saja yang bisa menikmati fitur baru itu, umumnya yang menunjukkan arah, seperti kereta api yang sedang berjalan ke arah kiri, pelari yang menghadap kiri, dan pistol yang menghadap kiri.

"Emoji dengan simbol yang mengarah ke kanan atau ke kiri bisa menghadap ke arah sebaliknya. Mekanisme Zero Width Joiner (ZWJ) bisa jadi digunakan untuk memilih arah emoji", jelas Unicode seperti yang dilansir KompasTekno dari The Verge, Sabtu (9/12/2017).

Baca juga : Soal Emoji, Indonesia Setara Amerika Serikat

Mekanisme ZWJ akan memunculkan beberapa pilihan dalam satu simbol karakter emoji. Menggunakan emoji dengan membalik arah karakternya bisa jadi memberikan ekspresi sendiri dengan cara menyindir atau terang-terangan.

Emoji dengan mekanisme ZWJ yang memunculkan beberapa pilihan salam satu simbol emojiEmoji Emoji dengan mekanisme ZWJ yang memunculkan beberapa pilihan salam satu simbol emoji


Selain mengumumkan fitur baru, Unicode juga memperkenalkan deretan emoji-emoji baru di tahun 2018. Diantaranya adalah emoji buah mangga, wajah yang meniup terompet, topi pesta, skateboard dan gulungan benang.

Adapula emoji yang dipensiunkan seperti gambar wajah yang menyeringai dengan tulisan 'OK', simbol kotoran yang cemberut dan wajah berkerut dengan dua tanda tanya.

Baca juga : 100 Emoji Baru Disiapkan untuk Android dan iOS, 3 Simbol Dibatalkan

Keputusan akhir daftar emoji yang dirilis tahun depan akan diputuskan dalam acara Unicode Technical Meeting pada Januari 2018, dan emoji baru akan muncul di sebagian besar platform Android dan iOS pada pertengahan 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.