Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambar Emoji Bakal Bisa Dibalik Arahnya

Kompas.com - 09/12/2017, 14:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Perusahaan komputasi teks dan simbol untuk sistem pengetikan, Unicode mengumumkan versi beta emoji yang akan dirilis 2018 nanti. Bukan hanya emoji-emoji baru, Unicode pun mengumumkan fitur yang memungkinkan emoji bisa dibalik ke arah berlawanan.

Membalik emoji ke arah berlawanan sebenarnya sudah lama diminta banyak pengguna, namun tentu saja tidak semua emoji bisa mendapatkan fitur bolak-balik.

Hanya beberapa emoji saja yang bisa menikmati fitur baru itu, umumnya yang menunjukkan arah, seperti kereta api yang sedang berjalan ke arah kiri, pelari yang menghadap kiri, dan pistol yang menghadap kiri.

"Emoji dengan simbol yang mengarah ke kanan atau ke kiri bisa menghadap ke arah sebaliknya. Mekanisme Zero Width Joiner (ZWJ) bisa jadi digunakan untuk memilih arah emoji", jelas Unicode seperti yang dilansir KompasTekno dari The Verge, Sabtu (9/12/2017).

Baca juga : Soal Emoji, Indonesia Setara Amerika Serikat

Mekanisme ZWJ akan memunculkan beberapa pilihan dalam satu simbol karakter emoji. Menggunakan emoji dengan membalik arah karakternya bisa jadi memberikan ekspresi sendiri dengan cara menyindir atau terang-terangan.

Emoji dengan mekanisme ZWJ yang memunculkan beberapa pilihan salam satu simbol emojiEmoji Emoji dengan mekanisme ZWJ yang memunculkan beberapa pilihan salam satu simbol emoji


Selain mengumumkan fitur baru, Unicode juga memperkenalkan deretan emoji-emoji baru di tahun 2018. Diantaranya adalah emoji buah mangga, wajah yang meniup terompet, topi pesta, skateboard dan gulungan benang.

Adapula emoji yang dipensiunkan seperti gambar wajah yang menyeringai dengan tulisan 'OK', simbol kotoran yang cemberut dan wajah berkerut dengan dua tanda tanya.

Baca juga : 100 Emoji Baru Disiapkan untuk Android dan iOS, 3 Simbol Dibatalkan

Keputusan akhir daftar emoji yang dirilis tahun depan akan diputuskan dalam acara Unicode Technical Meeting pada Januari 2018, dan emoji baru akan muncul di sebagian besar platform Android dan iOS pada pertengahan 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com