10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi 2017

Kompas.com - 11/12/2017, 10:05 WIB
Ilustrasi aplikasi YouTubeIst Ilustrasi aplikasi YouTube

KOMPAS.com - Kreator YouTube atau kerap diistilahkan “ YouTuber” kini dipandang sebagai profesi baru dengan iming-iming penghasilan tinggi. Salah satu sumber penghasilan YouTuber adalah iklan di YouTube atau kerap disebut “AdWords”.

YouTuber mendapat porsi pendapatan 55 persen atas AdWords yang terhitung menumpang di konten video mereka. Sementara itu, YouTube sebagai platform bakal meraup 45 persen sisanya.

Menutup 2017, majalah Forbes mengumumkan “10 YouTuber dengan penghasilan tertinggi”. 

Dikutip KompasTekno, Senin (11/12/2017), YouTuber berpenghasilan tertinggi tahun ini menembus angka pendapatan Rp 222 miliar. Sementara nilai kumulatif yang mereka kumpulkan mencapai 127 juta dollar AS atau setara Rp 1,7 triliun.

Angka kumulatif itu meningkat 80 persen ketimbang 2016 yang kumulatifnya cuma 70,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 952 miliar. Lebih rinci, siapa saja nama-nama 10 YouTuber dengan penghasilan tertinggi sepanjang 2017 ini?

1. Daniel Middleton (DanTDM)

Daniel Middleton YouTube Daniel Middleton
YouTuber yang fokus pada game “Minecraft” ini menghimpun 17 juta subscriber pada channel YouTube-nya bertajuk “DanTDM”. Ia rutin me-review game dengan gaya bertutur yang santai. Selama setahun, Daniel Middleton yang baru berusia 26 tahun meraup penghasilan 16,5 juta dollar AS atau Rp 222 miliar.

2. Evan Fong (VanossGaming)

Posisi kedua masih berasal dari YouTuber yang fokus di sektor game. Tak lain adalah Evan Fon alias “VanossGaming”, yakni pria 25 tahun asal Kanada. Ia kerap mengunggah video komedi yang memperlihatkan reaksiya ketika bermain video game. Penghasilannya selama setahun mencapai 15,5 juta dollar AS atau Rp 209 miliar.

3. Dude Perfect

Channel kolektif dari saudara kembar Cory Cotton dan Cobby Cotton ini memperlihatkan trik dan tips olahraga dengan balutan guyonan. Mereka meraup 14 juta dollar AS atau Rp 189 miliar selama setahun.

Baca juga : Cerita di Balik YouTuber yang Kaya gara-gara Video Mainan

4. Logan Paul

Sosok yang tadinya populer di layanan berbagi video Vine ini merupakan kakak dari aktor sekaligus YouTuber kondang Jake Paul. Dua bersaudara itu pun sempat berperan dalam beberapa serial televisi bergenre komedi, salah satunya Bizaardvark.

Jake Paul memiliki 14 juta subscriber di YouTube. Ia membagikan vlog sehari-hari dan reaksi bernuansa komedi atas video-video yang bertebaran di YouTube. Penghasilannya mencapai 12,5 juta dollar AS atau Rp 168 miliar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorReska K. Nistanto

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X