Kompas.com - 11/12/2017, 10:05 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Kreator YouTube atau kerap diistilahkan “YouTuber” kini dipandang sebagai profesi baru dengan iming-iming penghasilan tinggi. Salah satu sumber penghasilan YouTuber adalah iklan di YouTube atau kerap disebut “AdWords”.

YouTuber mendapat porsi pendapatan 55 persen atas AdWords yang terhitung menumpang di konten video mereka. Sementara itu, YouTube sebagai platform bakal meraup 45 persen sisanya.

Menutup 2017, majalah Forbes mengumumkan “10 YouTuber dengan penghasilan tertinggi”. 

Dikutip KompasTekno, Senin (11/12/2017), YouTuber berpenghasilan tertinggi tahun ini menembus angka pendapatan Rp 222 miliar. Sementara nilai kumulatif yang mereka kumpulkan mencapai 127 juta dollar AS atau setara Rp 1,7 triliun.

Angka kumulatif itu meningkat 80 persen ketimbang 2016 yang kumulatifnya cuma 70,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 952 miliar. Lebih rinci, siapa saja nama-nama 10 YouTuber dengan penghasilan tertinggi sepanjang 2017 ini?

1. Daniel Middleton (DanTDM)

Daniel Middleton YouTube Daniel Middleton
YouTuber yang fokus pada game “Minecraft” ini menghimpun 17 juta subscriber pada channel YouTube-nya bertajuk “DanTDM”. Ia rutin me-review game dengan gaya bertutur yang santai. Selama setahun, Daniel Middleton yang baru berusia 26 tahun meraup penghasilan 16,5 juta dollar AS atau Rp 222 miliar.

2. Evan Fong (VanossGaming)

Posisi kedua masih berasal dari YouTuber yang fokus di sektor game. Tak lain adalah Evan Fon alias “VanossGaming”, yakni pria 25 tahun asal Kanada. Ia kerap mengunggah video komedi yang memperlihatkan reaksiya ketika bermain video game. Penghasilannya selama setahun mencapai 15,5 juta dollar AS atau Rp 209 miliar.

3. Dude Perfect

Halaman:



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.