Foto dari Smartphone Makin Banyak, Kamera Apa yang Jadi Korban?

Kompas.com - 11/12/2017, 15:37 WIB
Searah jarum jam, dari atas ke bawah: Kamera ganda di punggung LG G6, Xiaomi Mi 6, Coolpad Cool Dual, dan Asus ZenFone Zoom S. Gambar tidak sesuai skala. Asus, Coolpad, LG, XiaomiSearah jarum jam, dari atas ke bawah: Kamera ganda di punggung LG G6, Xiaomi Mi 6, Coolpad Cool Dual, dan Asus ZenFone Zoom S. Gambar tidak sesuai skala.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sejak beberapa tahun terakhir, kebanyakan foto yang diunggah ke layanan photo sharing dan cloud storage Flickr berasal dari smartphone.

Tahun ini, tren tersebut menunjukkan kecenderungan makin menguat. Begitulah, antara lain, isi laporan year-in-review 2017 yang dirilis pekan lalu.

Sebanyak 50 persen foto yang diunggah ke komunitas Flicker merupakan jepretan smartphone, naik dari angka 48 persen pada 2016.

Namun, smartphone tidak menggerus DSLR karena foto unggahan yang berasal dari jenis kamera tersebut ikut meningkat, dari 25 persen tahun lalu menjadi 33 persen.

Lantas siapa yang menjadi “korban” smartphone? Jawabannya adalah kategori kamera saku (point-and-shoot) yang mengalami penurunan tajam dari 21 persen pada 2016 menjadi hanya 12 persen.

Jenis perangkat pengambil gambar terbanyak, menurut data unggahan foto ke Flickr dalam laporan Year in Review 2017.Flickr Jenis perangkat pengambil gambar terbanyak, menurut data unggahan foto ke Flickr dalam laporan Year in Review 2017.
Kategori lain sisanya, kamera mirrorless, relatif stagnan di angka kontribusi upload foto sebesar 4 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Senin (11/12/2017).

Selain jenis perangkat pengambil gambar, Flickr turut mencatat merek dari kamera/ponsel yang digunakan.

Apple menjadi merek paling dominan dengan penguasaan 54 persen, disusul Canon dengan 23 persen dan Nikon dengan 18 persen.

Meski demikian, sebagian besar dari gambar dalam daftar 25 foto terbaik di 2017 yang ikut dirilis oleh Flickr merupakan hasil jepretan kamera DSLR, bukan smartphone.

Meski smartphone merupakan perangkat yang paling banyak dipakai menjepret foto, kualitasnya mungkin belum sebanding dengan jenis kamera lain.

Data Flickr hanya mewakili perangkat-perangkat yang fotonya diunggah ke situs photo sharing tersebut. Meski demikian, setidaknya ia bisa memberi sedikit gambaran mengenai tren kamera pada 2017.

Baca juga : Menyimak Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X