Kompas.com - 12/12/2017, 09:09 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple resmi mengakuisisi Shazam, startup yang membuat aplikasi pengenal judul musik dan video. Nilai akuisisi Apple terhadap Shazam dikabarkan mencapai 400 juta dollar AS (sekitar Rp 5,4 triliun).

"Kami senang Shazam dan tim bertalentanya akan bergabung dengan Apple," demikian tulis pernyataan resmi Apple.

"Apple Music dan Shazam cocok satu sama lain, sama-sama memiliki passion di bidang pencarian musik, dan memberikan pengalaman terkait musik yang luar biasa bagi pengguna kami," imbuh Apple.

Shazam juga mengeluarkan pernyataan resminya. "Kami dapat mengumumkan bahwa Shazam telah sepakat menjadi bagian dari Apple. Shazam telah dipakai ratusan juta pengguna di seluruh dunia dan Apple adalah tempat yang cocok bagi Shazam untuk mengembangkan inovasi," demikian pernyataan Shazam.

Nilai akuisisi Shazam sebesar 400 juta dollar AS jauh di bawah valuasi Shazam yang disebut mencapai 1 miliar dollar AS saat pendanaan terakhirnya. Pendapatan Shazam sendiri pada 2016 lalu mencapai 54 dollar AS, menurut laporan perusahaan, seperti dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Selasa (12/12/2017).

Yang perlu disimak sekarang, bagaimana Apple akan menggunakan teknologi Shazam. Akankah aplikasi Shazam bakal tetap tersedia di platform Android?

Banyak yang berspekulasi bahwa Shazam akan diintegrasikan dengan layanan asisten digital Apple Siri. Apple juga bisa membuat fitur pengenal lagu terintegrasi dalam iOS, mirip yang dijumpai di smartphone Pixel 2 dan Pixel 2 XL besutan Google.

Selain pengenal musik melalui audio, Shazam juga mengembangkan pengenal film/serial TV berdasar penggalan video, menggunakan teknologi augmented reality. Apple bisa juga tertarik dengan teknologi pengenal visual dan platform AR ini, untuk bersaing dengan Google Lens.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.